NasDem: Mudahkan Pencairan Dana Desa

Pelangi Karismakristi    •    Kamis, 17 Sep 2015 16:49 WIB
nasdemdana desa
NasDem: Mudahkan Pencairan Dana Desa
Petani di Tulungagung, Jawa Timur, menyiapkan sawahnya untuk ditanami benih padi. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Metrotvnews.com, Jakarta: Alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat masih banyak yang tertahan di rekening Pemerintah Daerah kabupaten/kota. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi (KemenPDT) diminta mempermudah prosedur pencairannya sehingga bisa dimanfaatkan segera oleh desa. 

"Itu supaya anggaran desa bisa cepat terserap. Apalagi SKB sudahdi keluarkan," ujar anggota Komisi V DPR Fraksi NasDem Syarif A. Alkadrie di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Syarif memastikan, Fraksi NasDem akan mengawal program kerja Kementerian PDT 2016, "Kami akan konsisten, serta mendorong peran dan fungsi desa sebagai ujung tombak pembangunan sesuai semangat UU pemerintah desa," beber Syarif di sela raker Komisi V dan Kementerian PDT.

Menurut Syarif, sebelum tiap desa membuat pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), Pemda harus mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) atau Peraturan Walikota (Perwali). Sehingga dana bisa dialirkan ke kas desa.

"Masalahnya belum ada Perbup dan Perwali, padahal itu syarat pencairan dana desa. Saya khawatir kalau tak segera dibuat dana desa tidak cair, mengingat ketentuan UU-nya diberikan tenggat 14 hari. Jika tidak nanti dikembalikan ke kementerian," kata Syarif.

Terkait pendamping desa, Sekretaris Fraksi NasDem ini berharap agar diisi orang-orang tepat dan punya kemampuan mengoptimalkan program desa. Sebab desa merupakan pemerintahan terendah dalam hirarki kenegaraan.

"Kita menjadikannya sebagai unit politik yang sangat penting. Jika pemerintahan desa baik, akan berdampak sampai ke skala nasional. Kita bangun bangsa ini mulai dari desa, itu cita-cita kita bersama. Peningkatan ekonomi desa dan pementasan kemiskinan itu harus kita selesaikan. NasDem ada di garis terdepan," tegasnya.

 


(LHE)

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

43 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto menjalani sidang perdana. Dalam sidang tersebut, ti…

BERITA LAINNYA