Malam Ini Gelombang Tsunami Gempa Chile Sampai di Selandia Baru

Fajar Nugraha    •    Kamis, 17 Sep 2015 16:57 WIB
gempa chile
Malam Ini Gelombang Tsunami Gempa Chile Sampai di Selandia Baru
Warga Chile usai gempa yang melanda (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Wellington: Kementerian Pertahanan Sipil Selandia Baru menjelaskan bahwa tsunami imbas dari Gempa Chile, akan tiba di wilayah Selandia Baru malam nanti.

Peringatan dikeluarkan di wilayah pesisir timur dari Selandia Baru dan Pulau Chatham. Diperkirakan gelombang tsunami akan tiba di dua wilayah itu.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Sipil Selandia Baru Shane Bayley mengatakan, tsunami akan menghantam dalam waktu berbeda.

"Gelombang pertama tidak selalu besar dan warga harus tetap waspada," ujar Bayley, seperti dikutip Radio NZ, Kamis (17/9/2015)

"Diperkirakan, gelombang akan tiba setelah tengah malam dan di timur Auckland pada sekitar pukul 2.00 pagi (waktu setempat). Gelombang tinggi kemungkinan akan menyerang," lanjutnya.

Namun menurut Bayley, karena gelombang akan tiba pada lepas tengah malam, sangat mungkin gelombang ini tidak akan memiliki dampak terhadap warga di Selandia Baru. Tetapi bagi mereka yang memiliki perahu di pelabuhan, mungkin bisa menyadari perubahan yang terjadi.

"Di saat gelombang akan melintas Pasifik, gelombang itu melintas pos pengawas gelombang dan memiliki informasi lebih baik untuk mengkalkulasi model demi mengeluarkan peringatan," imbuh Bayley.

Sementara tinggi gelombang tsunami yang diperkirakan akan menyentuh Selandia Baru, mencapai 20 centimeter dan satu meter. Pulau Chatham menjadi wilayah yang terkena imbas paling besar.


(FJR)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

27 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA