Kopaja Tabrak Go-Jek, Kapolda: Jadi Momentum Evaluasi Transportasi

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 17 Sep 2015 17:31 WIB
gojek
Kopaja Tabrak Go-Jek, Kapolda: Jadi Momentum Evaluasi Transportasi
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. Foto: Adam Dwi/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengatakan insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Kopaja 612 dan sepeda motor harus dijadikan momentum evaluasi transportasi oleh semua pihak. Tak hanya polisi, semua pihak terkait mesti duduk bersama membahas apa yang mesti dilakukan selanjutnya.

"Ini bisa jadi momentum, menjadi evaluasi bagi penanggung jawab keamanan jalan baik polisi maupun Kementerian Perhubungan. Saya kira begitu," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Tito mengatakan, kecelakaan biasanya disebabkan banyak faktor. Antara lain, kondisi kendaraan, jalan, dan cuaca. Dari olah tempat kejadian perkara, nantinya bisa diduga faktor apa yang menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

"Kalau kendaraannya yang tidak bagus, ada rem blong. Berarti sistem KIR yang harus diperbaiki," jelasnya.

Selain itu, sistem pemeriksaan yang menyeluruh wajib dilakukan. Terlebih, kecelakaan di jalan raya antara angkutan umum selalu terjadi.

Bus Kopaja menabrak keluarga driver Go-Jek di Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Rabu 16 September siang. Pasangan suami istri Gunawan dan Sisilia, tewas karena kejadian itu. Sementara Aldo, anak mereka, kritis. Sopir Kopaja BUdi Wahyono, kini berstatus tersangka. 



(KRI)