Tersangka Pembakaran Hutan, dari Pekerja Hingga GM

Githa Farahdina    •    Kamis, 17 Sep 2015 18:18 WIB
kebakaran hutan
Tersangka Pembakaran Hutan, dari Pekerja Hingga GM
Kepulan asap dari hutan terbakar terlihat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (28/2).--Foto: ANT/Lanud Roesmin Nurjadin

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuh perusahaan ditetapkan sebagai pihak yang bersalah dalam peristiwa pembakaran hutan di beberapa lokasi di Indonesia. Para pekerja dan petinggi perusahaan PT BMH, PT RPP, PT RPS (Sumsel), PT LIH (Riau) dan PT GAP, PT NBA, PT ASP (Kalteng) ditetapkan sebagai tersangka.

"Ada GM, Manager dan pekerja lah, 7 tersangka di Riau, 3 Kalteng, 3 di Sumsel," kata Kabag Penum Polri Kombes Suharsono di Gedung Humas, Jakarta Selatan, Kamis (17/9/2015).

Masalah kebakaran, tambah Suharsono, ditangani enam satgas Polda. Hingga sore kemarin terdapat 148 perkara yang ditangani. Sekitar 25 perkara di Riau, Jambi, Kalteng dan Kalbar sudah dinyatakan P21. Sementara 85 kasus perorangan masih dalam tahap penyidikan dan 10 kasus dalam tahap pemyelidikan. Sedangkan korporasi tercatat 27 kasus.

Ancaman hukuman kasus ini sama sekali tak main-main. Tersangka dianggap melanggar Pasal 69 ayat 1 huruf H, Pasal 99 ayat 1, pasal 108 untuk korporasi dalam UU tentang PPLH.

"Lalu di Pasal 177 jika dilakukan korporasi hukumannya bisa ditambah sepertiga dari hukuman yang diberikan. Diancam juga dengan UU Kehutanan Pasal 59 ayat 3 huruf D," terang Suharsono.

Ancaman pada Pasal 108 adalah penjara, minimal 3 tahun maksimal 10 tahun dan denda minimal Rp3 miliar serta maksimal Rp10 miliar. Tak hanya ancaman pidana, ancaman administrasi akan dilakukan berupa pencabutan izin perusahaan.

"Tak hanya nama perusaan di-blacklist, tapi termasuk orang-orangnya," tambah mantan Dirlantas Polda Sumsel ini.

Polisi sempat menemukan kendala dalam memproses kasus ini. Pasalnya, apa yang dilakukan korporasi seolah dilakukan perseorangan. Perlu ketelitian dan kecermatan penyidik dalam memproses kasus ini.

"Tapi itu sudah didapatkan dan terus kita kembangkan. Jadi itu tantangan bagi penyidik dan penyelidik," ujarnya.


(MBM)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA