Panja Akan Bantu Pansus Pelindo Gate

Surya Perkasa    •    Kamis, 17 Sep 2015 18:36 WIB
pelindo
<i>Panja Akan Bantu Pansus Pelindo Gate</i>
Wakil Ketua Komisi VI Dodi Reza Alex Noerdin. Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi VI DPR membentuk panitia kerja yang mengawasi PT Pelindo II. Sementara, Komisi III DPR akan membentuk panitia khusus untuk mengawal proses hukum dugaan penyimpangan di perusahaan negara tersebut.

Wakil Ketua Komisi VI Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, panja dan pansus tidak akan bergesekan. Menurutnya, justru temuan panja bisa membantu pansus, jika memang terbentuk. "Ini justru bisa membantu Pansus," kata Dodi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Dia mengatakan, pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan BUMN menjadi tanggung jawab Komisi VI. "Ini sesuai wewenang yang diberikan aturan undang-undang," kata dia.

(Klik: Kesalahan Pelindo II Dalam Pengadaan 10 Mobile Crane)

Dodi menyampaikan informasi yang didapat Komisi VI DPR akan diberikan ke pansus. Menurutnya, pansus Pelindo Gate belum tentu terbentuk dalam waktu dekat. "Sedang, kasus ini sudah bergulir."

Tidak masalah bila proses pembentukan pansus berjalan seiring kerja panja Pelindo II. Dia juga tidak mempermasalahkan bila ada komisi lain juga membentuk panja.

"Kan yang dilihat berbeda. Komisi III hukumnya, Komisi IX ketenagakerjaannya. Nah, panja di komisi kami sesuai dengan kewenangan, untuk mengawasi Pelindo II sebagai BUMN," ujar dia.


(TRK)