Pemerintah Tetapkan Apartemen di Atas Rp10 Miliar Kena PPnBM

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 17 Sep 2015 18:39 WIB
properti
Pemerintah Tetapkan Apartemen di Atas Rp10 Miliar Kena PPnBM
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah berlarut-larut dan memunculkan pro kontra di berbagai kalangan, pemerintah akhirnya menetapkan keputusan revisi dari aturan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada properti.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menjelaskan nantinya properti mewah berupa apartemen yang akan dikenakan PPnBM yakni apartemen yang jual di atas harga Rp10 miliar.

"Sekarang saya tegaskan bahwa saya akan merevisi PMK mengenai batas PPnBM untuk hunian apartemen Rp10 miliar," tegas Bambang, dalam sebuah konferensi pers, di Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015).

Bambang berharap kebijakan ini bisa meningkatkan pertumbuhan pada sektor properti. Selain itu, lanjut Bambang, nantinya pajak yang akan dikenakan yakni sebesar 20 persen dari harga apartemen mewah tersebut.

"Jadi Rp10 miliar ke atas kena PPnBM 20 persen. Jadi sudah clear. Tegas. Tidak ada lagi spekulasi main angka Rp2 miliar atau Rp5 miliar atau angka yang lain," pungkasnya.



(ABD)