Antisipasi Kenaikan Suku Bunga AS Alasan BI Pertahankan BI Rate

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 17 Sep 2015 19:02 WIB
bi rate
Antisipasi Kenaikan Suku Bunga AS Alasan BI Pertahankan BI Rate
Gedung Bank Indonesia (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai keputusan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI rate di level 7,50 persen merupakan upaya BI dalam mengantisipasi kemungkinan naiknya tingkat suku bunga Amerika Serikat (AS) oleh the Fed.

"Keputusan tersebut sebagai bagian dari langkah Bank Indonesia dalam mengantisipasi kemungkinan kenaikan suku bunga kebijakan bank sentral AS," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015).

Dirinya menambahkan, sehubungan dengan mengantisipasi kenaikan Fed Fund Rate (FFR) maka fokus kebijakan BI dalam jangka pendek adalah tetap diarahkan pada langkah-langkah untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

"Dengan terus memperkuat operasi moneter di pasar uang rupiah dan valas, memperkuat pengelolaan penawaran dan permintaan valas, serta melanjutkan langkah-langkah pendalaman pasar uang," jelas dia.

Di samping itu, lanjutnya, BI juga akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial dalam rangka menjaga stabilitas makroekonomi, khususnya stabilitas nilai tukar dan stabilitas sistem keuangan.

"BI juga akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial untuk memastikan tetap terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya stabilitas nilai tukar, dan stabilitas sistem keuangan dalam mendukung kesinambungan perekonomian," pungkas dia.


(ABD)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA