BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal III-2015 Meningkat

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 17 Sep 2015 19:20 WIB
pertumbuhan ekonomi
BI Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal III-2015 Meningkat
Gedung Bank Indonesia (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2015 akan mengalami peningkatan. Hal tersebut tercermin dari mulai adanya perbaikan di konsumsi rumah tangga dan meningkatnya investasi pemerintah.

"Konsumsi rumah tangga menunjukkan indikasi perbaikan, sejalan dengan meningkatnya penjualan sepeda motor. Investasi diperkirakan tumbuh meningkat, terutama didorong oleh meningkatnya investasi pemerintah," tuturnya, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015).

Dirinya menambahkan, peningkatan investasi pemerintah juga ditopang oleh realisasi proyek-proyek infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol, pembangkit listrik, dan bendungan yang sebagian telah memasuki tahap konstruksi.

"Kegiatan investasi yang meningkat juga tercermin dari meningkatnya penjualan semen, impor barang modal, dan indikasi peningkatan kredit. Selain itu, penyerapan belanja fiskal daerah juga berpotensi untuk semakin meningkat, sejalan dengan upaya khusus yang telah disiapkan pemerintah untuk meningkatkan penyerapan belanja pemerintah daerah," terang dia.

Di sisi lain, perbaikan ekspor berlangsung secara gradual seiring dengan pertumbuhan ekonomi dunia yang belum secepat perkiraan semula. Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi diperkirakan berada pada kisaran 4,7 persen sampai dengan 5,1 persen pada 2015.

"Konsistensi pemerintah dalam mendorong reformasi struktural melalui berbagai paket kebijakan ekonomi dan realisasi proyek-proyek infrastruktur diperkirakan akan mendorong perekonomian semakin baik," pungkasnya.


(ABD)