Smartfren: Andromax M2S Adalah Produk Buatan Lokal

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 17 Sep 2015 22:35 WIB
smartfren telecom
Smartfren: Andromax M2S Adalah Produk Buatan Lokal
Saat sesi tanya jawab di peluncuran Andromax M2S.

Metrotvnews.com, Cikarang: Untuk mengurangi impor smartphone, pemerintah sedang berusaha untuk menggalakkan aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk smartphone 4G. Smartfren tampaknya berusaha untuk cari aman. Perangkat MiFi Andromax M2S yang mereka luncurkan hari ini, Kamis (17/9/2015) pun, mereka tetap memperhitungkan TKDN dari perangkat tersebut.

Andromax M2S merupakan buah hasil kerja sama Smartfren dengan LG. Andromax M2S dibuat di pabrik LG Innotek yang berlokasi di Cikarang. Saat peluncuran MiFi ini, Sukaca Purwokardjono, Head of Devices Smartfren, berkata bahwa rencana pembuatan Andromax M2S sudah dibuat sejak tahun lalu.

Sukaca membanggakan Andromax M2S sebagai produk buatan dalam negeri. Dari semua komponen Andromax M2S - top case, bottom case, shield can (top & bottom) antema, sub antena, baterai, PCB (printed circuit board), dan charger - hanya ada 3 komponen yang perlu diimpor dari luar. Ketiga komponen tersebut adalah PCB, baterai dan charger.

"Sebenarnya, LG Innotek juga sudah bisa membuat PCB, tetapi karena kita terdesak oleh waktu, maka kita masih melakukan impor," kata Sukaca.

Dadan Yuswana, Department Head Quality, LG Innotek menjelaskan, proses persiapan dan pengujian pembuatan sudah dilakukan sejak bulan Agustus. Sementara proses pembuatan telah dimulai sejak awal September lalu. Dia mengatakan, dalam satu hari, pabrik LG Innotek memiliki kapasitas produksi maksimal sebesar 10.000 unit.

Sama seperti smartphone, MiFi Andromax M2S juga harus melakukan beberapa tes pabrik. Beberapa tes yang dilakukan adalah pemeriksaan tombol dan charger. Selain itu, dilakukan juga tes gesekan dan drop test alias tes dijatuhkan dari ketinggian.

Pada tes untuk tombol, tombol yang ada pada MiFi akan ditekan sebanyak 6.000 kali sementara tes untuk charger, maka charger akan dimasukkan dan dilepaskan sebanyak 6.000 kali. Pada tes gesekan, sebuah metal sebesar 300 gram akan diletakkan di atas produk dan diputar sebanyak 40 kali.

Untuk drop test, Andromad M2S akan dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, tanpa dus.

"Dalam drop test, sudah pasti produk yang dicoba akan pecah, tetapi yang harus diperiksa adalah apakah produk tersebut masih bisa bekerja atau tidak," kata Dadan. 


(ABE)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA