Dukung Program 1 Juta Rumah, Kemenkeu Siap Hibahkan Lahan 381 Ha

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 17 Sep 2015 21:28 WIB
kementerian keuangan
Dukung Program 1 Juta Rumah, Kemenkeu Siap Hibahkan Lahan 381 Ha
Menkeu Bambang Brodjonegoro . Foto: Reuters/Darren

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah menegaskan tak hanya concern dalam mengembangkan pembangunan properti mewah, namun Pemerintah juga mendorong pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk masyarakat berpenghasilan.

Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015). Bambang mengatakan Pemerintah Jokowi menargetkan membangun satu juta rumah dalam tempo lima tahun kepemimpinannya.

Untuk memenuhi target tersebut, Kementerian Keuangan mengaku siap menghibahkan lahan negara yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu seluas 381 hektare (ha) yang bisa nantinya bisa dibangun rumah-rumah murah.

"Jadi intinya jangan khawatir lagi soal lahan. Kita siapkan lahannya asal ada yang bangun rusunawanya bisa rusunawa, bisa Perumnas, bisa BUMN lain, bisa Pemda, bisa juga Kementerian PU-PR. Yang penting bisa jadi rusunawa untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Bambang.

Lahan tersebut, lanjut Bambang utamanya disiapkan menggunakan aset milik Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) yang kini sudah tutup, dan kini asetnya dikelola negara. Menurut dia lahan tersebut akan disiapakan di beberapa kota besar di Indonesia.

Seperti di Jakarta ada dua bidang dengan luas 11 Ha, Bogor 79 Ha, Tangerang 90 Ha, Bekasi 20 Ha, Jombang 18 Ha, Lampung 75 Ha, Palembang 30 Ha, Padang 13 Ha, Batam 6 Ha, Deli Serdang 36 Ha. 

"Mungkin tidak semuanya bisa jadi rusunawa karena ada daerah misalkan yang belum perlu rumah ke atas, kan bisa landed house. Tapi intinya kita mau dukung program sejuta rumah cepat berjalan,"  pungkasnya.



(SAW)