Penanak Nasi Ditinggalkan, Pemondokan Calon Haji RI Terbakar

Fajar Nugraha    •    Kamis, 17 Sep 2015 23:04 WIB
haji 2015
Penanak Nasi Ditinggalkan, Pemondokan Calon Haji RI Terbakar
Ilustrasi kebakaran (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Mekkah: Total 1.024 calon haji dievakuasi dari pemondokan jamaah haji Indonesia. Penyebab kebakaran disebabkan penanak nasi yang ditinggalkan menyala.

Insiden ini dikonfirmasi oleh Konsuler Jenderal RI Jeddah Darmakirty Sailendra Putra. Menurutnya kebakaran terjadi Rabu (16/9/2015) pukul 23.30 waktu Arab Saudi.

"Peristiwa kebakaran di pemondokan jamaah haji Indonesia di sektor 4 wilayah Aziziyah, Mekkah, Rumah No. 403 lantai 8 yang dihuni oleh sekitar 1.024 jamaah haji asal Solo," ujar Darmakirty, saat dihubungi Metrotvnews.com. Kamis (17/9/2015).

"Sumber kebakaran terjadi di kamar nomor 810. Penyebabnya adalah seorang calon haji yang memasak nasi dengan alat rice cooker (penanak nasi) lalu kelupaan dan ditinggal pergi ke Masjidi Haram, dan kemudian terjadilah kebakaran. Seluruh isi kamar hangus," lanjutnya.

Konjen Darma menambahkan, jamaah saat itu juga langsung dievakuasi ke Hotel Holiday Inn dan tadi siang sudah dapat kembali ke hotel asalnya. Sementara jamaah yang tinggal di lantai 8,-tempat terjadinya kebakaran,- dipindahkan ke hotel baru di wilayah Mahbas Jin.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, kecuali dua orang yang mengalami sesak nafas karena menghirup asap dan dirawat di BPHI," imbuh Konjen Darma.

Insiden ini menambah panjang deretan kejadian yang melibatkan calon haji Indonesia selama ibadah haji di Mekkah. Sebelumnya, 11 calon haji Indonesia meninggal dalam kejadian robohnya crane di Masjidil Haram. Kecelakaan itu total menyebabkan 111 orang meninggal dan sekitar 300 lainnya terluka.
 


(FJR)