KPU Mulai Tampung Masukan Masyarakat Untuk DPD RI

- 26 Juli 2013 02:00 wib
ANTARA/Rosa Panggabean/bb
ANTARA/Rosa Panggabean/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 947 nama dalam Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sejak Rabu (24/7). Selanjutnya, KPU akan menerima tanggapan dari masyarakat terkait nama-nama tersebut.

"DPD secara keseluruhan yang masuk ada 952 nama. Tapi, ketika kami periksa lagi ada lima nama yang mundur, meninggal, atau tidak memenuhi syarat. Sehingga jumlah seluruh total bakal calon anggota DPD yang kami umumkan 947 bakal calon anggota DPD di seluruh provinsi," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah saat ditemui di kantornya, Kamis (25/7).

947 nama bakal calon DPD RI itu akan memperebutkan 132 kursi yang tersedia di Senayan. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2013 tentang Pencalonan DPD, Pasal 5 menyatakan, jumlah kursi anggota DPD untuk setiap provinsi ditetapkan empat orang. Nama-nama itu, diumumkan baik di kantor KPU provinsi di seluruh Indonesia maupun secara online.

"Masukan bisa diberikan tidak langsung kepada kami. Tapi lewat KPU provinsi, karena memang DPD itu kan (mewakili) masing-masing provinsi, tersebar di 33 provinsi," lanjutnya.

Waktu yang ditetapkan bagi masyarakat untuk memberi masukan diberikan selama dua minggu. Dari tanggapan masyarakat itu, kata Ferry, pihaknya akan kembali memperbaiki DCS DPD menjadi daftar calon tetap (DCT) DPD.

"Kalau memang ada temuan terkait dengan persyaratan misalnya, bisa jadi ada pengurangan," kata Ferry.

Ia mengatakan, jika tidak ada hambatan, setelah hari raya Idul Fitri, KPU akan mengumumkan DCT untuk DPD RI. "22 Agustus kami umumkan DCT DPD," ucap Ferry. (Donny Andhika)

()

PERISTIWA
METRO
DAERAH

Presiden Pilihan Kita Bersama Najwa Shihab (15)

10 Juli 2014 01:08 wib

Presiden Pilihan Kita, Rabu (09/07/2014): Hadir bersama Najwa Shihab yaitu ketua umum PKPI, Sutiyoso. Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. dan Ketua DPP PKB, Marwan Jafar.