Asoiasi Industri Memiliki Peran terhadap Perekonomian Indonesia

Gervin Nathaniel Purba    •    Kamis, 17 Sep 2015 23:16 WIB
kementerian perindustrian
Asoiasi Industri Memiliki Peran terhadap Perekonomian Indonesia
Illustrasi. Antara/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekjen Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat mengatakan asosiasi industri dinilai memiliki peran strategis dalam upaya pembinaan dan pengembangan industri nasional. Menurut dia, dunia usaha yang tergabung dalam asosiasi industri terus membangun sinergi dengan pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan industri.

Syarif menjelaskan, dalam Undang-Undang No. 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, beberapa pasal menyebutkan peran asosiasi industri seperti penguatan kapasitas industri kecil dan menengah dapat dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian dan pengembangan, serta asosiasi Industri dan asosiasi profesi terkait.

Lalu, asosiasi industri juga dilibatkan dalam koordinasi penyusunan standar industri hijau bersama dengan lembaga pemerintah nonkementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup, bidang riset dan teknologi, bidang standardisasi, serta pelaku usaha.

"Di samping itu, asosiasi industri juga berperan di Komite Industri Nasional yang bertujuan untuk mendukung pencapaian pembangunan industri nasional," jelas Syarif Hidayat  dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Lanjut Syarif, Komite Industri Nasional dapat membentuk kelompok kerja yang terdiri dari pakar terkait di bidang Industri yang berasal dari unsur pemerintah, asosiasi industri, akademisi, dan masyarakat. Sehingga diperlukan sinergisitas antara Kementerian Perindustrian sebagai Pembina Industri dengan para asosiasi industri.

"Hal ini sebagai upaya untuk  mampu meningkatkan daya saing industri nasional. Selain itu, jumlah penduduk yang besar dan terus bertambah, serta peningkatan daya beli masyarakat yang semakin tinggi dengan semakin bertambahnya masyarakat kelas menengah juga sangat potensial," ungkapnya.



(SAW)