Ahok Ingin KIR Diperketat

   •    Jumat, 26 Jul 2013 07:15 WIB
Ahok Ingin KIR Diperketat
dok.pemprov/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga pelajar tertabrak sebuah metromini bernomor trayek 47, Selasa lalu. Ketiganya tertabrak bus mini jurusan Senen-Pondok Kopi ketika hendak menyeberang jalan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyadari banyak kendaraan umum yang sudah tidak laik jalan. Pria yang akrab disapa Ahok itu berencana memperketat uji kelayakan kendaraan atau KIR.

"KIR harus diperketat. Jangan ada oknum main di KIR. Semua angkut kalau dia seperti itu masuk ke jalan. Berarti ada petugas KIR yang tidak beres. Kalo KIR nggak becus, dikandangin semua," ujar dia di Balaikota Jakarta, Kamis (25/7).

Mantan anggota DPR itu mengultimatum pengusaha metromini mengganti bus yang tak laik. Manajemen pun, lanjut dia, harus berubah. Ini merupakan salah satu cara mewujudkan angkutan umum layak untuk warga Jakarta.

"Beli bus. Tambah bus. Bus udah dapat, kita akan sanksi, kita cabut izinnya mereka (Metromini) kalau nggak mau berubah. Kalau saya cabut sekarang, yang jelek begini saja masih tidak cukup ngangkut orang Jakarta. Apalagi kalau disetop. Makanya salah satu solusi dari awal kita pikirkan harus beli bus. Supaya baru bisa hilangkan yang jelek-jelek," papar Ahok.

Dia berharap semua pengusaha mau bergabung ke PPD, ketika perusahaan itu telah diambil alih Pemprov DKI Jakarta. Bergabungnya pengusaha metromini maupun angkutan umum lain ke PPD akan memperbaiki manajemen yang amburadul.

"Kalau masih mau hidup, ya silakan bergabung di PPD, kita bantu manajemen."