The Fed Pertahankan Suku Bunga di Level 0%

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 18 Sep 2015 07:40 WIB
the fed
The Fed Pertahankan Suku Bunga di Level 0%
Gubernur The Fed Janet Yellen -- Ilustrasi FOTO: Reuters/Jonathan Ernst

Metrotvnews.com, Washington: Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, mempertahankan suku bunganya tidak berubah, alias tetap pada level nol persen, pada Kamis waktu setempat.

Reuters melansir, Jumat (18/9/2015), dipertahankannya suku bunga ini mengingat kekhawatiran akan ekonomi global, volatilitas pasar keuangan dan inflasi yang lamban.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan para pengambil kebijakan ini akan mengambil kebijakan pengetatan moneter yang sederhana pada akhir tahun ini.

Gubernur The Fed, Janet Yellen mengatakan, perkembangan ekonomi global terkait telah memaksa bank sentral AS untuk mengambil tindakan ini. Selain itu, The Fed mencatat gejolak yag baru-baru ini dipicu oleh penurunan dalam ekonomi Tiongkok.

"Prospek luar negeri tampaknya telah menjadi kurang menentu," kata Yellen, saat konferensi pers setelah komite kebijakan-pengaturan Fed merilis pernyataan setelah melakukan pertemuan selama dua hari.

Dia menambahkan, penurunan harga saham di pasar AS baru-baru ini dan kenaikan nilai dolar karena ketatnya kondisi pasar keuangan, sehingga bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi AS.

Yellen memperingatkan bahwa perkembangan terakhir di luar negeri dan di pasar keuangan mungkin menahan kegiatan ekonomi dan kemungkinan akan memberikan tekanan lebih lanjut terhadap inflasi dalam waktu dekat.

Bank sentral AS ini juga mengatakan bahwa risiko yang dihadapi ekonomi AS masih seimbang. Komite Pasar Terbuka Federal telah menghabiskan waktu dua hari untuk membahas apakah akan menaikkan suku bunga acuan federal fund untuk pertama kalinya dalam lebih dari sembilan tahun, melepaskan diri dari sikap kebijakan moneter yang sangat longgar sejak krisis keuangan 2008.


(AHL)