Pemerintah Bakal Jadikan Pertamina sebagai 'Off Taker'

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 18 Sep 2015 10:22 WIB
kilang minyakpertamina
Pemerintah Bakal Jadikan Pertamina sebagai '<i>Off Taker</i>'
Ilustrasi -- FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tengah menggodok peraturan berupa Peraturan Presiden (Perpres) mengenai percepatan pembangunan kilang minyak di Indonesia. Dalam aturan tersebut, Pemerintah bakal mendorong swasta untuk masuk membiayai proyek.

Untuk menarik swasta, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan akan menjadikan PT Pertamina (Persero) sebagai off taker atau pembeli.

"Pemerintah akan menugaskan Pertamina atas nama pemerintah untuk menjadi off taker," kata Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 17 September 2015.

Menurut dia, Pemerintah harus realistis melihat ketertarikan swasta. Dia menilai sektor swasta yang ingin membangun kilang di Indonesia penyebab utamanya bukan karena adanya fasilitas insentif pajak berupa tax holiday. Namun, swasta pasti akan berfikir siapa yang akan membeli produk yang dibangunnya.

"Untuk kepastian, dia lihat pemain utamanya adalah Pertamina jadi berharap ada off taker dari Pertamina. Pemerintah melalui Pertamina menjadi off taker supaya ada investor yang masuk," ujarnya.

Ekonom UI ini mengatakan, ini merupakan cara agar swasta tertarik, kecuali, lanjut dia, jika ada struktur baru yang dimiliki Pemerintah.

"Kita ubah dihilir sehingga orang bangun kilang boleh bangun pompa bensin atau bangun distribusi BBM di Indoneisa, itu lain perkara. Itu insentif untuk swasta. Tapi kita belum ada sistem itu, jadi agar swasta mau masuk, off taker dari Pertamina," pungkasnya.


(AHL)