Indeks Diperkirakan Menguat Usai Suku Bunga The Fed Tetap

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 18 Sep 2015 11:55 WIB
ihsgthe fed
Indeks Diperkirakan Menguat Usai Suku Bunga The Fed Tetap
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve, telah memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunganya di level nol persen. Keputusan yang dilakukan itu diperkirakan memberikan sentimen positif bagi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang hari ini.

"The Fed tahan suku bunga, itu sentimen positf bagi gerak indeks sepanjang hari ini. Karena itu, indeks akan menguat hari ini," kata ‎analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Jumat (18/9/2015).

William menjelaskan, pergerakan indeks sudah terombang-ambing oleh sentimen the Fed yang sebelumnya tidak memberi kepastian apakah mempertahankan tingkat suku bunga atau justru menaikkannya.

"Respons itu cukup menekan. Selama ini kita tertekan sekali gara-gara isu itu. Sampai saat ini indeks kita berada di posisi hampir mencapai 4.000-an," jelas William.

Kendati demikian, dirinya memperkirakan, sentimen positif ini hanya bersifat sementara atau hanya berjangka waktu pendek. Ada kemungkinan beberapa hari mendatang indeks kembali mengalami guncangan karena masih ada sentimen lain yang memengaruhi, selain dari the Fed.

Adapun rentang posisi indeks pada hari ini, William memperkirakan, gerak indeks cenderung bergerak datar dengan berada di posisi 4.324-4.417. "Indeks masih akan plus, karena sudah minus kemarin. Saya rasa menguat pada hari ini di rentang support 4.324, sedangkan resisten di level 4.417," tutup dia.


(ABD)