Hewan Kurban di Jabar Tahun Ini Capai 270 Ribu Ekor

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 18 Sep 2015 12:28 WIB
idul adha
Hewan Kurban di Jabar Tahun Ini Capai 270 Ribu Ekor
Pedagang hewan kurban (ilustrasi). (Metrotvnews.com/Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Bandung: Pelaksana harian Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memperkirakan jumlah hewan kurban tahun 2015 mencapai 270 ribu ekor. Angka ini lebih tinggi dibanding realisasi pemotongan hewan kurban di Jabar tahun 2014, yang hanya 254.708 ekor.

Karenanya, pemilik sapaan Demiz ini mengatakan harus ada jaminan bahwa hewan kurban memenuhi syarat sesuai syariat islam.

"Diperlukan upaya menjamin ketentraman umat Islam yang akan menyelenggarakan ibadah kurban, maka salah satunya dengan mengantisipasi agar hewan ternak yang disembelih memenuhi syarat kesehatan hewan sesuai syariat Islam," ujar Demiz di Dinas Peternakan Jabar, Jumat (18/9/2015).

Pemerintah Provinsi Jabar melalui Dinas Peternakan Jabar, lanjutnya, telah membentuk tim untuk melakukan pengawasan kesehatan hingga pemotongan hewan kurban. Tim itu terdiri dari 500 orang petugas.

"Dengan harapan melalui pemeriksaan dan pengawasan terhadap pemotongan kesehatan ternak secara intensif akan membuat hewan kurban yang akan disembelih atau dikonsumsi dapat memenuhi kualitas serta sesuai syariat Islam seperti halal, aman, utuh, dan sehat," ujarnya.

Deddy berharap pedagang memperjualbelikan hewan kurban yang sehat, tidak cacat, cukup umur, berkelamin jantan, dan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal.

Penjual ternak kurban juga diminta untuk melakukan penampungan di tempat tertentu untuk memudahkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan.


(SAN)