Ekonomi Lamban, Pemerintah Harus Ciptakan Sentimen Positif

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 18 Sep 2015 12:33 WIB
the fedpaket kebijakan ekonomi
Ekonomi Lamban, Pemerintah Harus Ciptakan Sentimen Positif
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM) Denni Puspa Purbasari meminta pemerintah segera melakukan perbaikan untuk menciptakan sentimen positif di pasar. Terlebih lagi, The Fed memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga Amerika Serikat (AS).

"Situasi begini sesungguhnya menegaskan pentingnya penataan ekonomi dalam negeri untuk menciptakan sentimen positif yang lebih sustainable," ujar dia kepada Metrotvnews.com, Jumat (18/9/2015).

Dirinya menambahkan, pemerintah harus benar-benar membenahi fundamental ekonomi. Sementara upaya pemerintah dengan mengeluarkan paket kebijakan ekonomi pemerintah masih belum bisa diprediksi pengaruhnya.

"Tergantung substansinya paket pemerintah tadi. Dan bagaimana eksekusi paket kebijakan ekonomi tersebut dijalankan di lapangan," sambungnya.

Selain itu, pemerintah juga diminta tidak hanya mengandalkan paket kebijakan yang sudah dikeluarkan maupun masih dalam penyusunan. Pasalnya, paket kebijakan tersebut bukan satu-satunya penentu perbaikan ekonomi.

"Bila diimplementasikan, perlu waktu untuk melihat dampaknya. Dan kinerja perekonomian bukan hanya ditentukan oleh paket kebijakan tersebut," pungkas dia.


(AHL)