Menko Darmin: The Fed Dilematis Ingin Naikkan Suku Bunga

Desi Angriani    •    Jumat, 18 Sep 2015 13:48 WIB
the fed
Menko Darmin: The Fed Dilematis Ingin Naikkan Suku Bunga
Ilustrasi The Fed. (AFP PHOTO/BRENDAN SMIALOWSKI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan jika Bank Sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, dilematis dalam menentukan kenaikan suku bunganya.

"The Fed itu dilematis dia mau naikkan suku bunga atau tidak, termasuk Indonesia. Dia naikkan, akan ada gejolak sebentar, mungkin gejolak agak besar, habis itu agak reda, dan sesuaikan diri," ujar Darmin, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Namun, jika suku bunga tidak dinaikkan, maka tidak akan ada gejolak. Tetapi spekulasi akan datang di kemudian hari menjelang rapat dari Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC). Darmin menambahkan, hal positif dari suku bunga yang tidak jadi dinaikkan ini yakni tidak ada gejolak.

"Itu kebijakan antara lain memutuskan BI rate-nya berapa. Tingkat suku bunga yang kita sebut itu, selalu seperti BI rate saja. Berapa sekarang? 0,25 persen yang kemudian tidak jadi naik," jelas dia.

Sekadar informasi, Federal Reserve, mempertahankan suku bunganya tidak berubah, alias tetap pada level nol persen, pada Kamis waktu setempat. Reuters melansir, dipertahankannya suku bunga ini mengingat kekhawatiran akan ekonomi global, volatilitas pasar keuangan dan inflasi yang lamban.


(AHL)

Anang Sugiana Siap Bertanggung Jawab untuk Kasus KTP-el

Anang Sugiana Siap Bertanggung Jawab untuk Kasus KTP-el

21 minutes Ago

Anang mengakui keterlibatannya dalam kasus KTP-el yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun it…

BERITA LAINNYA