Disorot Kejati, BCCF: Dana tak Bisa Dicairkan untuk Pribadi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 18 Sep 2015 17:32 WIB
kasus korupsi
Disorot Kejati, BCCF: Dana tak Bisa Dicairkan untuk Pribadi
Emil mendatangi Kejati Jabar untuk memberi keterangan seputar BCCF 2012, MTVN - Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terseret dalam kasus dugaan korupsi yang terjadi pada Bandung Creative City Forum (BCCF) 2012. Usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar), pria yang akrab disapa Emil itu menegaskan BCCF merupakan organisasi orang baik-baik.

Emil menjadi Ketua BCCF pada 2008 hingga 2012. Setelah itu, tampuk kepemimpinan dipegang Tubagus Fiki C mulai 2013 hingga 2017.

Fiki mengatakan BCCF merupakan wadah penguatan masyarakat madani atau civil society yang mandiri. Tak ada muatan politik. Sehingga BCCF menjadi forum komunikasi kreatif sebagai penguatan ekonomi industri di Bandung. Tugasnya yaitu menambah daya dorong potensi kreatif dan menjalin kerja sama di tingkat nasional maupun internasional.

"Kita mendapatkan kerjasama program dari pihak ketiga yaitu lembaga budaya Internasional, perusahaan swasta, dan lain - lain. Selain itu ada donasi personal maupun komunal, untuk dana dari Pemerintah terakhir diperoleh tahun 2012," kata Fiki.

Fiki menerangkan BCCF mendapat sumber dana dari berbagai kerja sama dan sponsor. Satu di antaranya pemerintah kota.

Penggunaan anggarannya harus melalui proses pencairan. Caranya yaitu mengantongi persetujuan enam pengurus keuangan.

"Rekening BCCF spesimennya atas nama 3 orang pengurus. Jadi tidak dapat dilakukan proses pencairan untuk kepentingan pribadi," tandasnya.

BCCF 2012 di masa kepengurusan Emil menjadi sorotan. Di tahun itu, BCCF menerima bantuan dari Pemkot Bandung sebesar Rp1,3 miliar. Diduga, dana itu digelapkan. Lantaran itu, Emil memenuhi panggilan Kejati untuk mberikan keterangan seputar BCCF 2012 kepada penyidik Kejati.


(RRN)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA