Pemkab Sumedang Kebut Pembebasan Lahan untuk Tol Cisumdawu

Ismail    •    Jumat, 18 Sep 2015 18:01 WIB
jalan tol
Pemkab Sumedang Kebut Pembebasan Lahan untuk Tol Cisumdawu
Jalur tol di wilayah Jawa Barat, MI - Reza Sunarya

Metrotvnews.com, Sumedang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat, mengakui sejumlah masalah muncul dalam pembangunan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Namun, Pemkab optmistis proyek rampung pada 2016.

"Hingga saat ini masih ada masalah yang menghambat proses pembangunan Tol Cisumdawu," ujar Assiten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Sumedang, Dede Hermasyah, Jumat (18/9/2015).

Masalah itu di antaranya pembebasan tanah wakaf dan kas desa (aset desa). Lantaran itu, kata Dede, pemerintah mengebut pembebasan lahan agar proyek pembangunan jalan bisa segera dilakukan.

Selain pembebasan lahan, kata Dede, masalah lain muncul terkait Undang Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. UU itu disebutkan anggaran dan dana pembebasan lahan hanya dapat disalurkan melalui BUMN yang mendapat penugasan khusus pemerintah. Artinya, Badan Pertanahan Nasional memegang kendali dalam proses pembebasan lahan.

"Pelaksanaan pembangunan seksi 2 yaitu mulai dari Rancakalong-Sumeadang menggunakan peraturan yang lama karena ada sisa. Nanti akan dibahas lebih lanjut dengan Kakanwil BPN dan jajaran terkait," ujarnya.

Ia mengatakan, menargetkan pembebasan lahan seksi 2 dan seksi 3 pembangunan Tol Cisumdawu akan tuntas tahun ini. Realisasi pembebasan lahan pembangunan Tol Cisumdawu saat ini sudah selesai 75 persen.

"Seksi 2 akan berkoordinasi dengan BPN. Sedangkan seksi 3 dilaksanakan oleh BUMD Jasa Sarana," katanya.

Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 60,28 KM dibagi menjadi 6 seksi yakni Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 12.025 KM; Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17.150 KM; Seksi III Sumedang-Cimalaka sepanjang 3.750 KM; Seksi IV Cimalaka-Legok sepanjang 7.200 KM; Seksi V Legok-Ujung Jaya Sepanjang 15.900 KM; dan Seksi VI Ujung Jaya-Kertajati Sepanjang 4.048 KM.


(RRN)