Marcella Zalianty Berharap Masyarakat Laporkan Bukti Pembajakan

Anindya Legia Putri    •    Jumat, 18 Sep 2015 18:24 WIB
marcella zalianty
Marcella Zalianty Berharap Masyarakat Laporkan Bukti Pembajakan
Marcella Zalianty (Foto:Metrotvnews.com/Anindya Legia P)

Metrotvnews.com, Jakarta: Maraknya pembajakan film menggugah aktris serta sutradara Marcella Zalianty ikut tergabung dalam Satgas Anti Pembajakan, yang dibentuk oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Hari ini, Marcella bersama Once Mekel dan Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf datang ke gedung Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) guna meminta dukungan dalam mengusut pembajakan hingga ke akarnya.

"Saya di sini selaku insan film yang peduli atas maraknya pembajakan. Sudah saatnya ditindak secara tegas. Kita menyambut baik pemerintah, dalam hal ini Bekraf, untuk mengumpulkan para stakeholder, satgas sebagai fasilitator terkait pengaduan hak cipta dalam hal fungsi monitoring," ujar Marcella di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (18/9/2015).

Marcella menekankan pentingnya kerja sama dan komitmen semua pihak dalam memberangus pembajakan karya musik dan film. Tak hanya pemerintah dan pelaku seni, namun juga masyarakat.

"Bagi saya, penegakan hukum menjadi faktor utama. Kita juga berharap agar masyarakat menghargai karya anak bangsa. Karena kalau pembajakan terus dijalankan,daya cipta para insan musik pasti akan menurun," paparnya.

Pembentukan Satgas Anti Pembajakan merujuk pada UU 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Disebutkan bahwa kasus yang terkait dengan pembajakan merupakan delik aduan.

"Untuk itu, saya sebagai Satgas Edukasi Publik, meminta bantuan kepada masyarakat agar dapat melaporkan segala bukti kasus pembajakan kepada Satgas dan kepolisian agar masalah ini dapat ditindaklanjuti," sarannya.

Pembajakan tak seharusnya dibiarkan karena merugikan  secara ekonomi dan moril, merugikan pencipta karya, dan merugikan negara.

"Jadi, sudah seharusnya seluruh pemilik karya cipta harus dilindungi oleh negara," tandas Marcella.


(ROS)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA