Kasal Belanda Kenang Jasad Pahlawan di Surabaya

Amaluddin    •    Jumat, 18 Sep 2015 19:03 WIB
belanda
Kasal Belanda Kenang Jasad Pahlawan di Surabaya
Kasal Belanda Generaal Verkerk saat memberi penghormatan bagi pahlawan Belanda yang gugur di Laut Jawa. Foto: MTVN/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Kota Surabaya, Jawa Timur, dikenal sebagai Kota Pahlawan karena menyimpan sejarah panjang kepahlawanan. Tak terkecuali cerita kepahlawanan Belanda yang mewujud pada Makam Kehormatan Belanda Kembang Kuning, di Jalan Kembang Kuning.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Belanda, Generaal Verkerk, berziarah ke makam tersebut. Tujuannya untuk mengenang para pahlawan asal Belanda yang tewas dalam peperangan dan dimakamkan di Surabaya.

"Kami datang untuk mengenang mereka yang gugur saat perang di Laut Jawa pada 27 Februari 1942," ujar orang nomor satu Angkatan Laut Belanda itu, di sela-sela berkunjung ke sana, Jumat (18/9/2015).

Verkerk mengatakan sedikitnya ada tujuh makam kehormatan Belanda atau ereveld di Indonesia di bawah Yayasan Makam Kehormatan Belanda yang dipimpin Robert Van de Right. Untuk di Kembang Kuning, terdapat makam pahlawan Belanda beserta istri dan anak-anaknya.

"Selain makam mereka (pahlawan Belanda) juga ada jasad istri dan anak-anak mereka. Kami membangun monumen yang diberi nama Karel Doorman," kata Robert Van de Right, saat mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Belanda, Generaal Verkerk.

Ereveld Kembang Kuning, kata Robert, juga disebut Ereveld Angkatan Laut karena seluruh jasad yang dimakamkan di sini adalah para personel Angkatan Laut dan Marinir Belanda.

Kedatangan Kasal Belanda ke sana sebagai lanjutan rangkaian kunjungan ke Indonesia setelah sebelumnya mengikuti International Maritime Security Symposium (IMSS) yang digagas TNI AL di Jakarta.

Selain berziarah, kedatangan mereka ke Surabaya juga untuk melihat perkembangan proses pembuatan Kapal Patroli Rudal di PT PAL Surabaya.


(UWA)