Menko Darmin: Hasil Kekayaan Indonesia Banyak Dinikmati Singapura

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 18 Sep 2015 19:31 WIB
ekonomi indonesia
Menko Darmin: Hasil Kekayaan Indonesia Banyak Dinikmati Singapura
Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan) (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan banyak hasil kekayaan Indonesia yang keuntungannya dinikmati oleh negara tetangga, Singapura. Untuk itu, pemerintah berusaha agar keuntungan tersebut bisa dinikmati oleh Indonesia.

Darmin menjelaskan, hal itu terjadi lantaran Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Indonesia tidak diimbangi dengan sektor pengolahan yang memadai sehingga setiap produk mentah yang dihasilkan dari hasil alam Tanah Air kemudian di bawa ke Singapura karena Singapura memiliki fasilitas pengolahan dan gudang berikat.

Setelah menjadi barang jadi, lanjut Darmin, Singapura nantinya melakukan ekspor ke negara lain. "Ini saya ada cerita kenapa kok kita yang hasilkan sumber daya alam yang banyak, tapi yang kaya Singapura," kata Darmin, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (18/9/2015).

Tidak hanya itu, jelas mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, Singapura dengan fasilitas gudang berikat yang dimilikinya juga menampung serbuan distribusi barang-barang impor dari berbagai negara, termasuk barang yang diimpor Indonesia

"Kita salah satu negara yang impor kapas dari Rusia, kita juga impor banyak setiap tahun dari AS, tapi karena tidak punya gudang berikat tidak bisa di simpan di sini," ujar dia.

Untuk itu, tegas Darmin, agar keuntungan tidak terus menerus dinikmati bangsa lain, pemerintah berencana akan membangun gudang logistik di Tanah Air untuk menampung barang-barang tersebut. "Kenapa kita tidak buat di sini. Supaya tidak perlu impor lagi," pungkasnya.


(ABD)