5 Kebiasaan yang Dianggap Sehat, Ternyata Berbahaya

   •    Jumat, 18 Sep 2015 19:37 WIB
kesehatan
5 Kebiasaan yang Dianggap Sehat, Ternyata Berbahaya
Jangan abaikan minum susu agar tidak menderita osteoporosis (Foto:Sheknows)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dibandingkan pria, wanita dianggap lebih memperhatikan pola hidup sehat. Faktanya, saat tubuh sedikit mengalami masalah seperti berat badan naik, wanita cenderung kalang kabut.

Dan lagi, masih ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan wanita. Tanpa disadari, kebiasaan yang dilakukan mengancam kesehatan.

Apa saja?

1. Menelan obat dengan selain air putih

Ada beberapa wanita yang mengonsumsi obat dengan meminum jus jeruk atau minuman rasa lain untuk menghindari pahit. Padahal, cara ini dapat menyebabkan efek samping yang tak terduga. Konsultan apoteker, Nargis Ara mengatakan, lebih baik minum obat dengan air putih.

"Baca petunjuk sebelum minum obat. Apakah itu pakai atau tanpa makanan," lanjutnya.

2. Berasumsi salad selalu terbaik

Terapis gizi Lalila Lewis, menjelaskan bahwa salad terlalu sering dipilih wanita karena dianggap menu yang sehat. Padahal, banyak kandungan kalori dan lemak yang berasal dari keju, krim, dan sebagainya.

Ada sebuah studi yang menemukan hanya ada enam dari 270 salad sehat yang dijual di pasaran. Solusinya adalah saat memesan salad, minta sausnya dipisah. Sebab, dengan begitu Anda akan mendapatkan rasa yang sama, namun sedikit kalori.

3. Tidak sarapan

Orang dewasa terutama wanita karier, karena kesibukannya hampir jarang makan pagi. Sebuah studi yang dilakukan pada 2009 dan dipublikasikan dalam jurnal Obesity, memperlihatkan, tidak sarapan malah membuat Anda gemuk.

4. Selalu memilih makanan rendah lemak

Sebenarnya, banyak makanan rendah lemak justru berisi gula tambahan untuk meningkatkan rasa. Ahli gizi Zoe Harcombe, menekankan, gula memicu pelepasan insulin yang membuat gula darah Anda turun sehingga Anda terus merasa lapar. Jadi, lebih baik mengonsumsi makanan penuh lemak dengan porsi kecil agar kenyang lebih lama.

5. Tidak minum susu

Wanita berusia 20-30 tahun harus punya kalsium cukup. Namun, terkadang karena merasa sudah dewasa, wanita mengabaikan minum susu. Patut Anda ketahui, jika menghentikan mengonsumsi susu, Anda berpotensi osteoporosis. (Sumarni/Times of India)


(ROS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA