Berdalih Pinjam, Motor Tetangga Digadaikan Rp2,5 Juta

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Jumat, 18 Sep 2015 19:44 WIB
pencurian
Berdalih Pinjam, Motor Tetangga Digadaikan Rp2,5 Juta
Polisi menangkap pelaku penggadai motor tetangganya. Foto: MTVN/Rosyid

Metrotvnews.com, Surabaya: Hati-hati meminjamkan barang ke seseorang meski telah dikenal dekat. Buktinya, niat baik Djilan, 32, warga Desa Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kebupaten Gresik, Jawa Timur, meminjamkan sepeda motor ke tetangga malah digadaikan.

Pelakunya adalah Solikin, 32, tetangga dekat korban. Pelaku meminjam motor korban tiga bulan yang lalu dengan alasan mengunjungi keluarganya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Namun, hingga tiga hari motor milik korban tak kunjung kembali.

“Setelah lebih dari tiga hari handphone pelaku yang dihubungi korban juga tidak aktif. Karena khawatir, korban melapor ke polisi,” kata Kapolsek Driyorejo Kompol Hendy Setiawan, Jumat (18/9/2015).

Polisi sempat kesulitan melacak keberadaan pelaku. Namun, dari hasil penyelidikan yang dilakukan, polisi mendapatkan informasi pelaku berada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Informasi itu terus ditindaklanjuti polisi hingga akhirnya pelaku berhasil ditangkap Rabu, 16 September, di Sidoarjo.

Dari keterangan pelaku, sepeda motor Honda Vario milik korban yang baru dibeli setahun itu digadaikan kepada seseorang bernama Gugun, warga Karang Pilang, Surabaya. Meski harga motor keluaran 2014 itu dibeli korban seharga Rp18 juta, pelaku menggadaikannya hanya Rp2,5 juta.

“Alasan pelaku menggadaikan motor untuk menutupi utang. Sekarang kami sedang mengejar penggadai bernama Gugun agar sepeda motor korban bisa kembali,” ujar Hendy.


(UWA)