Pendekar Tongkat Emas, Pembuka Fukuoka Film Festival

Agustinus Shindu Alpito    •    Jumat, 18 Sep 2015 19:44 WIB
festival film
Pendekar Tongkat Emas, Pembuka Fukuoka Film Festival
Jumpa pers film Pendekar Tongkat Emas di Jakarta, 25 November 2014 (Foto:Antara/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendekar Tongkat Emas dipastikan akan menjadi film pembuka dalam International Film Festival Fukuoka yang digelar di Fukuoka, Jepang, 18-25 September 2015.

Film arahan sutradara Riri Riza itu menjadi pembuka yang manis untuk beberapa film panjang Indonesia lain yang juga ditayangkan di sana.

Dari informasi di situs resmi International Film Festival Fukuoka, tujuh film Indonesia yang ditayangkan adalah Petualangan Sherina (disutradarai Riri Riza, 2000), Opera Jawa (Garin Nugroho, 2006), Postcards from the Zoo (Edwin, 2012), Sagarmatha (Emil Heradi, 2013), Another Trip to the Moon (Ismail Basbeth, 2015), Kuldesak (Riri Riza, Mira Lesmana, Nan T. Achnas, Rizal Mantovani, 1998), dan Cahaya Dari Timur: Beta Maluku (Angga Dwimas Sasongko, 2014).

Secara terhormat, festival film ini memang menyorot film-film asal Indonesia. Mereka memberi istilah "Magic Indonesia" terhadap delapan film Tanah Air yang terpilih diputar di sana.

"Bersiaplah untuk fitur spesial dari film Indonesia, negara yang ditandai dengan perkembangan (film) yang energik," tulis laman International Film Festival Fukuoka.

Secara garis besar, film-film Indonesia yang ditayangkan di sana memang mencuri perhatian dunia. Terutama dari isu konten yang diangkat.


(ROS)