Kabut Asap Ganggu Pengeboman Air di Riau

Yogi Bayu Aji    •    Sabtu, 19 Sep 2015 03:20 WIB
kabut asap
Kabut Asap Ganggu Pengeboman Air di Riau
Api membakar hutan di kawasan Taman Nasional Wasur, Distrik Sota, Merauke, Papua, Jumat (18/9). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Pekanbaru:  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau menyatakan pengeboman air atau water bombing dengan menggunakan tiga unit helikopter pada Jumat (18/9/2015) terkendala kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan. Kabut asap pekat membuat jarak pandang berkisar 600 meter sehingga sangat tidak memungkinkan menerbangkan helikopter.

"Menjelang petang sekitar pukul 15.00 WIB baru kita bisa terbangkan satu persatu setelah jarak pandang membaik menjadi 1.200 meter," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger kepada Antara saat Heli akan lepas landas dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Edwar mengatakan, ketiga heli itu akan dikerahkan ke sejumlah daerah yang saat ini terdapat lahan bekas kebakaran yang masih menghasilkan asap. Halikopter Camorv dikerahkan untuk pengeboman air selama tiga jam di Kecamatan Kerumutan Pelalawan.

MI 171, lanjut dia, diterbangkan untuk pengeboman air di lahan bekas terbakar di Air Hitam Pekanbaru dan Rimbo Panjang Kampar sementara Sikorsky ke Indragiri Hulu. Ia mengatakan Sikorsky yang diterbangkan ke Rokan Hulu sudah dapat memasimalkan pengeboman air karena terdapat lokasi pengisian bahan bakar Avtur (Re-Fuel) di daerah tersebut.

BPBD, lanjut dia, bertekad dapat menanggulangi lokasi bekas kebakaran lahan dan hutan yang saat ini masih menghasilkan asap dalam waktu satu pekan ke depan. Yang saat ini menjadi perhatian adalah menjaga agar lahan bekas terbakar tidak kembali muncul api.

Ada tiga daerah yang menjadi fokus pemadaman lokasi bekas kebakaran saat ini yakni Kampar, Pelalawan dan Indragiri Hulu. Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan Riau akan segera teratasi jika seluruh elemen dapat bekerja dengan baik.

"Kita akan usahakan terus dan optimis dalam sepekan bisa teratasi," ujar dia. (Antara)


(OGI)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA