On This Day:Awal Kisah AC Milan Bermarkas di San Siro

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 19 Sep 2015 06:43 WIB
<i>On This Day:</i>Awal Kisah AC Milan Bermarkas di San Siro
Foto: http://i.ytimg.com/

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini 89 tahun yang lalu menjadi hari yang bersejarah buat AC Milan. Sebab, tepat pada tanggal 19 September 1926, Rossoneri resmi bermarkas di San Siro.

San Siro menjadi kandang baru Milan setelah sebelumnya klub berjuluk Iblis Merah itu bermarkas di Stadio Velodromo Sempiano yang akhirnya dihancurkan pada 1928.

Ide pembangunan stadion baru ini diusung oleh presiden klub ke-3 Milan, Piero Pirelli yang juga menyumbang dana 5 juta lira untuk konstruksi. Awalnya, stadion San Siro hanya berkapasitas 35.000 kursi. Namun, kini mampu menampung 80.000 penonton.

Stadion San Siro dibangun oleh seorang arsitek bernama Ulisse Stacchini yang menolak membuat jogging track di pinggir lapangan demi menciptakan suasana yang lebih menggema untuk pertandingan.

San Siro resmi dibuka pada 19 September 1926 atau 89 tahun yang lalu, dengan menampilkan laga derby antara Milan kontra Inter Milan di mana Rossoneri harus mengakui keunggulan rival sekotanya tersebut dengan skor 3-6.

Setelah sembilan tahun menghuni San Siro, Milan akhirnya memutuskan menjual San Siro ke pemerintah kota Milan pada 1935. Meski begitu, Milan masih bisa menggunakan stadion tersebut sebagai markasnya.

Sampai pada 1947, Milan harus membagi San Siro dengan Inter yang memutuskan meninggalkan markas lamanya Civica Arena Napoleonica karena tidak mampu menampung penonton.

Pada 1980, San Siro akhirnya berganti nama menjadi Giuseppe Meazza, untuk mengenang eks bintang Milan dan Inter pada era 1920--1940, yang juga pahlawan Italia saat menjuarai Piala Dunia pada 1934 dan 1938. Yang unik, meski punya markas yang sama, pendukung Milan dan Inter memiliki sebutan yang berbeda. Milanisti masih menggunakan San Siro, sementara Inter menggunakan Giuseppe Meazza.

Selama 89 tahun berdiri, San Siro atau Giuseppe Meazza sudah delapan kali direnovasi, dan sembilan kali mengalami perubahan kapasitas. 
(ACF)