Api di Gunung Dempo Belum Padam

Sefti Feriansyah    •    Sabtu, 19 Sep 2015 09:40 WIB
kebakaran hutan
Api di Gunung Dempo Belum Padam
Ilustrasi/ANT

Metrotvnews.com, Pagaralam: Api di kawasan hutan Gunung Dempo, Pagar Alam, Sumatra Selatan, belum bisa dipadamkam seluruhnya. Meski pemadaman dengan helikopter telah dilakukan, setidaknya masih ada dua titik api di kawasan dengan ketinggian 2.500 meter dari permukaan air laut itu.

Kepala BPBD Pagaralam Herawadi mengatakan, saat ini diperkirakan lebih dari 100 hektare hutan telah terbakar. Dua titik tersisa berada tak jauh dari Kampung Empat yang berada sekitar 2.000 meter dari permukaan air laut. Untuk memantau, tim gabungan telah membuat posko di Kampung Empat.

Pemadaman dengan helikpoter jenis ME-8 dengan kapasitas 3.500 liter air itu telah dilakukan dua hari belakangan. Di hari kedua pemadaman, karena kondisi kurang memungkinkan, helikopter milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagaralam itu hanya empat kali menyiramkan air ke kawasan hutan yang terbakar.

Herawadi mengimbau masyarakat tak meninggalkan api dalam keadaan menyala saat berada di kebun. Api dinilai sangat membahayakan karena menjadi salah satu faktor kebakaran hutan.


(OJE)