4 Gajah Meriahkan Prosesi Grebeg Keraton di Yogyakarta

Patricia Vicka    •    Sabtu, 19 Sep 2015 11:25 WIB
keraton yogyakarta
4 Gajah Meriahkan Prosesi Grebeg Keraton di Yogyakarta
Abdi dalem Kraton Yogyakarta membawa gunungan untuk diperebutkan saat grebeg besar di halaman Masjid Gede, Kauman, Yogyakarta, Minggu (5/10/2014). Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Prosesi pemberian gunungan besar Keraton (grebeg besar) akan kembali diselenggarakan Kamis Legi 24 September ini. Prosesi rutin tahunan ini dilakukan untuk menyambut Idul Adha.

Kepala Bagian Humas Biro UHP Setda DIY, Iswanto, mengatakan akan ada tujuh pareden (gunungan) yang disiapkan Keraton Yogyakarta. Prosesi grebegan akan diarak dari Keraton Yogyakarta menuju Masjid Kauman, Puro Pakualaman, dan kantor Kepatihan.

"Lima Gunungan akan dikirim ke Masjid Kauman, satu gunungan ke kantor Kepatihan dan satu lagi ke Puro Paku Alaman," ujar Iswanto saat dihubungi, di Yogyakarta, Sabtu (19/9/2015).

Gunungan yang dibawa ke kantor Kepatihan dan Puro Pakualaman akan diarak empat gajah dan para prajurit (bregodo).

"Ada dua pasang gajah dari Gembiraloka Zoo yang didatangkan untuk mengawal arak-arakan gunungan. Gajahnya berpasangan. Dua ke Kepatihan dan dua lainnya ke Puro Pakualaman," jelasnya.

Kehadiran Gajah ini bertujuan untuk menarik minat wisatawan sekaligus menghibur warga yang menonton. "Tidak ada makna di balik pengawalan gajah. Hanya untuk menghibur yang nonton," katanya.

Prosesi akan dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan diperkirakan akan menarik ribuan wisatawan lokal dan mancanegara.


(UWA)