Pusing, Gejala Awal Penyakit Jantung

   •    Sabtu, 19 Sep 2015 11:56 WIB
kesehatan
Pusing, Gejala Awal Penyakit Jantung
Pusing disebabkan beberapa faktor (Foto:Rex Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak hanya orang dewasa, berbagai tingkatan usia kerap dilanda pusing mendadak.

Pusing menyebabkan keseimbangan Anda terganggu sehingga tidak heran banyak orang yang tumbang (pingsan) karena pusing.

Berikut ini 7 faktor penyebab pusing yang harus Anda ketahui.

1. Telinga bermasalah

"Salah satu penyebab paling mengejutkan dari pusing adalah Benign Paroxysmal Positional Vertigo, atau BPPV," kata spesialis telinga dan otak Gregory Whitman, MD. Telinga bagian dalam Anda mengandung kalsium dan 'kristal' penginderaan berbasis protein yang disebut otoconia.

Jika 'kristal' ini copot dan mengapung di kanal telinga bagian dalam, maka akan menyebabkan sensasi berputar sejenak alias pusing.

2. Rendah vitamin B12

Kurangnya asupan vitamin B12 menyebabkan Anda mengalami masalah keseimbangan dan penurunan aliran darah ke otak. Jadi bila sering pusing, coba periksa ke dokter apakah kebutuhan vitamin B12 terpenuhi atau tidak. Sumber vitamin B12 termasuk daging, produk susu, dan sereal.

3. Gejala penyakit jantung

Penyebab lain pusing mendadak adalah kondisi jantung Anda sedang bermasalah. Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak berkurang.

4. Terlalu cemas

Orang yang berusia 20 tahun dan sering mengalami pusing berarti dia terlalu cemas atau gelisah yang menyebabkan fungsi otak terganggu.

5. Goncangan

Hampir 75 persen pelaut pasti mengalami pusing. Intinya, apa pun yang menimbulkan goncangan seperti mobil, kereta, pesawat dapat membuat Anda pusing. Bahkan, ada beberapa orang yang hanya duduk di tempat tidur saja sudah sakit kepala.

6. Efek samping obat

Dosisi tinggi obat tekanan darah juga menjadi faktor penyebab kepala pusing. Jadi, tanyakan kepada dokter sebelum minum obat yang diresepkan apakah aman untuk Anda atau tidak.

7. Diet

Menurut American Heart Association, dehidrasi ringan dapat memicu pusing. Bila Anda berdiet yang menyebabkan dehidrasi, maka sudah pasti pusing akan sering menyerang.(Sumarni/MSN)


(ROS)