Senator Minta Pembakar Hutan Dihukum Seumur Hidup

Meilikhah    •    Sabtu, 19 Sep 2015 12:26 WIB
kebakaran hutandpd
Senator Minta Pembakar Hutan Dihukum Seumur Hidup
Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Selatan Abdul Aziz (kiri)/Metrotvnews.com/Meilikhah

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumatera Selatan Abdul Aziz meminta pelaku pembakaran hutan dituntut hukuman maksimal seumur hidup. Hukuman penjara 10 hingga 15 tahun dinilai tak cukup memberi efek jera.

"Tak cuma 10-15 tahun, tapi seumur hidup karena dampak yang kita dapatkan sampai masa depan," tegas Aziz dalam diskusi mingguan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/9/2015).

Pemerintah, tambah Aziz, juga harus diingatkan bahwa bencana asap sama sekali tak sepele. Apalagi peristiwa semacam ini terjadi bertahun-tahun.

"Saya sudah ingatkan kepada pemerintah supaya diambil tindakan dan bagaimana mengambil inisiatif masyarakat untuk upaya preventif tapi ternyata tahun ini (kebakaran) malah lebih besar," katanya.

Pemerintah seperti sudah mafhum akan asap yang setiap tahun terjadi di wilayah Sumatera, Riau dan Kalimantan. Namun, pemerintah tak belajar dan terkesan selalu gagap melakukan penanggulangan asap setiap kali terjadi pada musim kering akibat fenomena El Nino.

"Ini sudah sering disinggung dan ini persoalan sengsara yang menahun dan ini kado sengsara yang tak pernah bisa diatasi pemerintah," tukasnya.


(OJE)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

4 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA