Standard & Poor Naikkan Peringkat Kredit Portugal

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 19 Sep 2015 12:55 WIB
ekonomi eropa
Standard & Poor Naikkan Peringkat Kredit Portugal
Ilustrasi Portugal. (AFP PHOTO/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Metrotvnews.com, Lisbon: Lembaga pemeringkat Standard & Poor menaikkan peringkat kredit Portugal menjadi BB+. Peringkat ini hanya berada setingkat di bawah investment grade.

Reuters melansir, Sabtu (19/9/2015), peringkat ini mengejar ketinggalan dengan dua lembaga penilai utama lainnya. Ekonomi Portugal mulai pulih dan stabil, sementara itu diharapkan ada perubahan kebijakan setelah pemilu bulan depan.

Portugal, yang telah keluar dari belenggu bailout internasional pada tahun lalu mulai menunjukkan kinerjanya. Ekonomi negara tersebut tumbuh lagi setelah mengalami resesi selama tiga tahun yang disebabkan oleh krisis utang dan penghematan.

Sekarang, peringkat Potugal diberi nilai BB + dengan outlook stabil oleh Standard & Poor, satu tingkat lebih tinggi dari tanda BB sebelumnya pada awal 2012.

Moody Investor Service dan Fitch Ratings juga menilai Portugal satu tingkat ke wilayah "sampah". Negara itu sempat kehilangan label investment grade pada 2011 ketika krisis utang serta memaksa untuk mencari bailout.

"Upgrade mencerminkan pandangan kami terhadap pemulihan ekonomi Portugal yang stabil, didukung oleh peningkatan kondisi pasar tenaga kerja secara bertahap," kata lembaga tersebut dalam sebuah pernyataan.


(AHL)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

34 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA