Aktivis Lingkungan Apresiasi Langkah Jokowi Tangani Kebakaran Hutan

Intan fauzi    •    Sabtu, 19 Sep 2015 14:08 WIB
kabut asapasap
Aktivis Lingkungan Apresiasi Langkah Jokowi Tangani Kebakaran Hutan
Ketua Institusi Hijau Indonesia, Chalid Muhammad

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Institusi Hijau Indonesia, Chalid Muhammad, apresiasi kerja pemerintah dalam menangani masalah kebakaran hutan. Menurut Chalid, pemerintah sudah memberikan pernyataan tegas terhadap pelaku kebakaran hutan.

"Yang menarik adalah, kami mencatat ada empat pejabat tinggi yang memiliki statement clear (terkait kebakaran hutan)," kata Chalid di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Jakarta Pusat, Sabtu (19/9/2015).

Pertama, Presiden Jokowi dinilai lebih baik dari kepemimpinan sebelumnya dalam menangani kebakaran hutan. Jokowi mampu meminta jajarannya menindak korporasi yang lalai maupun sengaja membakar lahan. "Presiden Jokowi mengatakan untuk menindak tegas dan pidanakan, sampai menyentuh korporasi dengan sanksi perdata untuk cabut izin usaha," ujar aktivis lingkungan itu.

Selanjutnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan rela mempertaruhkan kredibilitasnya untuk menangani kebakaran hutan. "Menkopolhukan mempertaruhkan kredibilitasnya, Ia akan me-blacklist dan direksi yang terkait," jelasnya.

Ketiga, Mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) itu memuji Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, yang akan menindak 124 perusahaan terindikasi melakukan pembakaran. Sanksinya mulai dari administrasi ringan hingga berat.

Terakhir, tindakan Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti yang dianggap tak pandang bulu. Badrodin dinilai berani menetapkan warga negara lain sebagai tersangka jika memang terbukti terlibat.

"Keempat Kapolri mengatakan, tidak ada toleransi, bahkan ada direksi warga negara lain yang akan ditetapkan tersangka. Ini belum pernah terjadi di pemerintahan sebelumnya," lanjutnya.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

17 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA