Jubah Transparan Harry Potter Dikembangkan untuk Keperluan Militer

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 19 Sep 2015 14:48 WIB
peristiwa unik
Jubah Transparan Harry Potter Dikembangkan untuk Keperluan Militer
Jubah Harry Potter (Foto: Mirror)

Metrotvnews.com, New York: Benda ini telah menyelamatkan Harry Potter beberapa kali. Kini para ilmuwan sedang mengerjakan bagaimana membuat jubah transparan yang biasa digunakan penyihir itu.

Mereka telah menemukan bahan yang dapat membungkus benda yang membuatnya tak terlihat oleh mata manusia. "Benda yang baru diuji coba ini hanya mampu menghilangkan benda yang sangat kecil," sebut Mirror.

Peneliti dari AS tersebut menciptakan sebuah film mikroskopis tipis  yang terbuat dari emas "nanoantenna". Benda berbentuk kotak ini digunakan untuk mengumpulkan sinar matahari di panel surya berteknologi tinggi.

Lembaran film ini menyebarkan gelombang cahaya yang biasanya dapat ditangkap oleh mata manusia, membuatnya tak terlihat.

Film tersebut telah digunakan untuk membungkus sebuah benda berukuran 36 mikrometer persegi. Ukuran tersebut setara dengan ukuran sel-sel dalam tubuh.

"Ini pertama kalinya obyek 3D dari bentuk yang berantakan telah tertutupi dari cahaya yang ada," ujar ilmuwan Departemen Energi AS, Dr Xiang Zhang, seperti dikutip Mirror, Sabtu (19/9/2015).

Tapi penemuan masih awalnya saja. Masih memerlukan perjalanan panjang untuk menjadikannya alat kamuflase yang sempurna untuk para tentara dan kendaraan militer.

Satu kelemahannya, jika jubah tersebut bergerak maka benda yang diselimutinya akan terlihat kembali. Tentunya itu belum dapat disandingkan dengan jubar transparan Harry Potter. (Nabila Gita)
 


(FJR)