Konvensi Partai Demokrat Ajang Culik Tokoh Parpol

- 29 Juli 2013 14:06 wib
Ilustrasi--Dok.MI/bb
Ilustrasi--Dok.MI/bb

Metrotvnews.com, Jakarta: Endiartono Sutarto dikabarkan mendapatkan undangan dari Partai Demokrat (PD) untuk mengikuti konvensi calon presiden 2014 mendatang.

Purnawirawan TNI yang saat ini berlabuh di Partai NasDem belum mengambil keputusan untuk mengikuti konvensi atau tidak.

Namun, langkah yang dilakukan PD dianggap Ketua Bapillu Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan sebagai ajang menculik tokoh-tokoh partai. Sebelumnya beberapa tokoh dari partai lain pun diundang untuk mengikuti konvensi. Namun dengan syarat peserta konvensi harus mundur, sangat terkesan PD mencoba merekrut tokoh parpol lain.

Dengan syarat itu konvensi yang digelar terkesan menjadi cara merekrut tokoh parpol lain. Harusnya kalau itu konvensi untuk mencari capres yang akan diusung Partai Demokrat kan tidak perlu mensyaratkan mundur," ujar Ferry saat dihubungi, Senin (29/7).

Namun, jika memang kemudian Endriantono tertarik untuk mengikuti konvensi, NasDem tidak akan menghalanginya, dengan syarat dan konsekuensi yang cukup tegas.

Ferry berpendapat syarat bagi tokoh yang mengikuti konvensi capres PD terlampau berat, karena yang bersangkutan harus mundur dari NasDem. Maka dalam hal pilihan ini, DPP NasDem sepenuhnya akan mengembalikan pilihan itu kepada Endriantono yang saat ini menjabat Ketua Dewan Pembina Partai NasDem.

"Intinya kami tidak pernah menghalangi. Tapi tentu ada konsekuensi," singkat Ferry.

Hingga saat ini ada empat nama yang masuk bursa konvensi yaitu, mantan KSAD Jenderal Purn TNI Pramono Edhie Wibowo, Ketua DPD Irman Gusman, Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Tidak sampai di situ, PD pun memperkirakan dua kandidat lainnya, seperti mantan Menkum dan HAM Yusril Ihza Mahendra dan Endriartono Sutarto.

Hingga saat ini, Endiartono dikabarkan masih menunggu untuk berbicara secara empat mata dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk mengonsultasikan rencananya tersebut. (Hafizd Mukti)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.