Pilih-Pilih Kartu Kredit Tepat saat Berlibur

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 19 Sep 2015 16:09 WIB
tips keuangan
Pilih-Pilih Kartu Kredit Tepat saat Berlibur
Ilustrasi. (Foto: dokumentasi Halomoney)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di kala mempersiapkan sebuah liburan, Anda pasti akan mencari tiket dan tempat menginap sejak jauh-jauh hari. Tak sekali dua kali, harga yang diinginkan belum cocok karena masih terlalu tinggi.

Bukan tak mungkin, hanya karena masalah tersebut, bagi sebagian orang liburan pun menjadi gagal. Anda pun harus pintar menyiasati hal tersebut. Menurut Co-Founder Halomoney.co.id, Simon Costello, ada salah satu solusi yang pas dalam mendapatkan tiket murah.

"Kartu kredit travel biasanya menguntungkan mereka yang sering berpergian dengan pesawat," ujar pria yang juga Managing Director dari portal pembanding produk keuangan tersebut, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Menurut Simon, seringnya membeli tiket dengan kartu kredit akan memudahkan pengumpulan airmiles, dan bisa digunakan untuk lebih menghemat pengeluaran saat harga tiket membumbung tinggi.

"Anda bahkan lebih berhemat jika menggunakan airmiles dari kartu kredit yang tepat," ujar Simon.

Halomoney.co,id mengambil tiga bank yang mengeluarkan kartu kredit travel yaitu Citi Premier Miles Card, HSBC Visa Signature, dan Standard Chartered Worldmiles Travel Card. Ketiga kartu kredit itu memberikan airmiles yang bisa ditukarkan dengan tiket.

Harga airmiles untuk Citi Premier mencapai Rp8.750 per mil sementara HSBC Visa dan Standard Chartered Worldmiles masing-masing adalah Rp5.312 per mil dan Rp7.500 per mil.

Dia mencontohkan, misalnya Anda ingin berlibur ke Singapura, maka jarak tempuh antara Jakarta dan Singapura adalah 1,100 mil pulang pergi. Bila Anda membeli tiket dengan menggunakan airmiles Citi Premier, maka harga tiket Jakarta-Singapura-Jakarta PP adalah Rp9,6 juta, sementara dengan kartu kredit Standard Chartered Anda membayar Rp8,2 juta dengan airmiles.

Bagaimana dengan menggunakan airmiles HSBC Visa Signature? Ternyata harga airmiles dari kartu kredit HSBC ini lebih murah dibanding dua kartu sebelumnya karena Anda cuma membayar Rp5,8 juta dengan airmiles yang Anda miliki.

"Bila dikurangkan dengan uang yang Anda simpan untuk tiket pulang yaitu Rp3 juta, Anda bisa lebih menghemat hingga 51 persen dengan menggunakan kartu kredit HSBC Signature," jelas dia.

Simon menambahkan, pemilihan kartu kredit dengan airmiles juga harus cermat, karena ada kartu kredit yang airmiles-nya lebih murah dan ada juga yang lebih mahal. Semakin murah airmiles, maka semakin murah tiket yang bisa Anda beli. Meskipun besaran poin miles dari setiap kartu kredit berbeda. Namun semua kartu kredit memiliki prinsip yang sama.

"Makin banyak Anda berbelanja, maka makin besar poin airmiles yang Anda kumpulkan. Poin itu bisa ditukar untuk membeli tiket pesawat atau mendapatkan penawaran travel lainnya," pungkas dia.


(AHL)