Mengenang Perjalanan Karier Basoeki Abdullah

Putu Radar Bahurekso    •    Sabtu, 19 Sep 2015 22:41 WIB
basoeki abdullah
Mengenang Perjalanan Karier Basoeki Abdullah
Basoeki Abdullah (Foto:Dok.Museum Basoeki Abdullah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun ini, genap 100 tahun usia Basoeki Abdullah sejak kelahirannya pada 1915.

Karya seni lukis sepanjang perjalanan hidupnya dipamerkan di Museum Basoeki Abdullah dalam sebuah pameran bertajuk 100 Tahun Basoeki Abdullah.

Melalui pameran ini, masyarakat diajak mengenali lebih dalam tentang Basoeki yang tak cuma sekadar pelukis, melainkan sebagai maestro.

Perjalanan Hidup

Basoeki Abdullah lahir di Solo, 27 Januari 1915 dari pasangan suami istri R. Abdullah dan Raden Nganten Ngadisah.

Semasa kecil dihabiskan Basoeki di Solo. Lukisan pertama yang dia buat adalah lukisan potret dengan media pensil di atas kertas berjudul Mahatma Gandhi. Lukisan itu dibuat ketika dia masih berumur 10 tahun.

Pada 1933 saat berumur 18 tahun, Basoeki pertama kali ikut kegiatan pameran lukisan dengan memamerkan lukisan tentang Gatot Kaca dan Anto Seno yang memperebutkan Dewi Sembrada.

Pada 1935, Basoeki Abdullah mendapat beasiswa untuk belajar seni ke Belanda. Kemudian, dia melanjutkan studi hingga ke Paris dan Roma.

Pada 1962, Basoeki diangkat sebagai pelukis istana di Thailand oleh Raja Thailand.

Basoeki dan Wanita

Basoeki Abdullah dikenal akan kekagumannya terhadap wanita cantik. Tak sedikit lukisannya yang menggambarkan wanita tanpa busana.

"Basoeki Abdullah adalah seniman yang mengagumi wanita cantik. Bahkan karena seringnya dia membuat lukisan telanjang, dia mendapat stigma sebagai playboy, pelukis salon, dan tidak jarang dikritik oleh seniman lain," ujar kurator pameran 100 Tahun Basoeki Abdullah, Mikke Susanto, di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan, Kamis, 17 September.

Tercatat bahwa Basoeki menikah empat kali dan memiliki dua anak. Pernikahannya yang pertama terjadi pada 1937 dengan seorang wanita Belanda bernama Maria Josephine. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai satu orang putri yang diberi nama Saraswati.

Pada 1944, Basoeki menikah untuk kedua kali dengan seorang penyanyi seriosa mezosoprano asal Belanda, Maya Michel.

Pernikahan ketiga dan keempat berlangsung saat Basoeki tinggal di Thailand. Pada 1958, dia menikah dengan Somwang Noi. Kemudian, tahun 1963 menikah dengan Nataya Nareerat dan dikaruniai seorang putri bernama Sidhawaty.

"Basoeki juga akrab dengan presiden Soekarno, mungkin karena mereka sama-sama suka wanita cantik," canda Mikke.

Tak Sekadar Seniman

Pelukis penganut gaya realisme ini dianggap tidak hanya sebagai seniman. Lebih dari itu, Basoeki adalah seorang pendidik, duta lukis, pejuang, dan seorang maestro.

Pada 1942-1945, Basoeki tergabung dalam POETRA (Pusat Tenaga Rakyat) yang bertugas mengajar seni. Basoeki juga aktif di Keimin Bunka Sidhosho (pusat kebudayaan pemerintah Jepang di Indonesia).

Basoeki juga merupakan seorang Duta Lukis Indonesia. Kepiawaiannya membuat lukis potret membuatnya berkesempatan melukis pemimpin-pemimpin dari berbagai negara.

Diketahui, setidaknya ada 22 negara yang memiliki karya lukisnya. Melalui dunia seni dan karya-karyanya, Basoeki dianggap sudah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

"Ada sebagian seniman memang yang tidak menganggap Basoeki sebagai seniman, tapi sebagian lagi justru menganggap dia sebagai maestro. Sejak umur 10 tahun, dia sudah melukis potret Mahatma Gandhi. Dia adalah salah satu seniman yang punya bakat tidak kalah dari Raden Saleh," tutur Mikke.

Gaya melukis Basoeki dipengaruhi gaya Eropa, terutama Belanda. Basoeki juga memiliki ketertarikan terhadap cerita rakyat, legenda, dan mitologi dalam ide karyanya.

Pada 5 November 1993, Basoeki ditemukan tewas terbunuh di kamarnya akibat serangan seorang pencuri yang berniat menjarah koleksi jam.


(ROS)

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

KPK Dalami Dugaan Keterlibatan Tiga Politikus PDIP di Kasus KTP-el

1 hour Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat kasus k…

BERITA LAINNYA