BI: Penukaran Rupiah Banyak Dilakukan Jelang Hari Raya

   •    Senin, 21 Sep 2015 13:21 WIB
penukaran uang
BI: Penukaran Rupiah Banyak Dilakukan Jelang Hari Raya
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews,com Jayapura: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Joko Supratikto menjelaskan penukaran uang rupiah oleh masyarakat di Papua banyak dilakukan ketika menjelang hari raya keagamaan.

"Jadi penukaran itu banyak jika menjelang hari raya. Kalau di Papua itu terbanyak pada saat menjelang hari natal," kata Joko Supratikto, seperti dikutip dari Antara, di Jayapura, Senin (21/9/2015).

Joko menjelaskan penukaran uang itu banyak dilakukan terutama pada hari raya kristiani. Hal tersebut dikarenakan masyarakat di Papua memang mayoritas penduduknya adalah Kristiani. Penukaran uang ketika Idul Fitri pun tidak sebanyak ketika hari raya natal.

"Memang terjadi peningkatan aktivitas penukaran. Sebelumnya beberapa bulan lalu ketika Idul Fitri itu terjadi peningkatan penukaran uang, tetapi tidak begitu besar jika dibandingkan dengan hari raya natal," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, penukaran rupiah dalam jumlah besar ketika menjelang hari raya biasanya dilakukan masyarakat di Papua di bank yang berada di wilayah Papua. "Mereka menukarkan uang rupiah yang telah dalam kondisi rusak, lusuh, atau tidak layak edar lagi," tuturnya.

Nantinya, jelas Joko, uang lusuh atau yang tidak layak edar tersebut akan diolah di Bank Indonesia, kemudian akan ditentukan apakah uang itu masih layak atau tidak. Ketika diputuskan sudah tidak layak edar maka akan dimusnakan.

"Jadi cara pemusnahannya kita mengguakan sistem peracikan, sementara kita menjaga supaya uang yang beredar di masyarakat itu yang layak edar uang yang bagus. Nah itu salah satu tugas Bank Indonesia," pungkasnya.


(ABD)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

38 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA