Kakanwil Kemenkumham Jabar Akui Gayus Tambunan Keluar Lapas

Rendra Insan    •    Senin, 21 Sep 2015 13:50 WIB
gayus tambunan
Kakanwil Kemenkumham Jabar Akui Gayus Tambunan Keluar Lapas
Foto: Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jabar, Agus Toyib menunjukkan foto diduga Gayus Holomoan Tambunan/MTVN_Rendra Insan

Metrotvnews.com, Bandung: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Barat I Wayan Sukerta membenarkan terpidana mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung, Jawa Barat. Hal ini ia sampaikan dalam siaran pers terkait beredarnya foto Gayus yang tampak berada di sebuah restoran.

Foto yang diunggah pemilik akun Facebook bernama Baskoro Endrawan itu menerangkan bahwa Gayus tengah makan di salah satu restoran pada 9 Mei 2015. Namun, Wayan mengatakan Gayus keluar Lapas pada 9 September 2015.

"Gayus memang diizinkan keluar Lapas Sukamiskin pada 9 September 2015 untuk menghadiri sidang gugatan perceraian di Pengadilan Negeri Jakarta Utara," kata  I Wayan Sukerta dalam siaran pers di Kantor Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Senin (21/9/2015).

Wayan mengaku baru mengetahui beredarnya foto Gayus itu melalui media massa. Dia mengaku sudah membentuk tim untuk memastikan berita keluarnya Gayus dari Lapas Sukamiskin pada 9 Mei 2015 itu.

"Saya sudah membentuk tim untuk memastikan berita ini. Tim ini akan dipimpin oleh Pak Agus Toyib sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan dan akan dirilis secepatnya," ujar dia.

Saat kembali disinggung mengenai keabsahan foto Gayus itu, Wayan tak banyak komentar. "Gayus sama dengan narapidana lainnya. Tidak ada perbedaan. Semuanya diberlakukan sama. Tidak ada narapidana yang keluar Lapas tanpa alasan jelas dan sesuai dengan hukum. Semuanya harus melalui prosedur yang berlaku," kata dia.

 


(TTD)