Jika Terbukti Berkeliaran, Gayus Terancam Diisolasi

Meilikhah    •    Senin, 21 Sep 2015 15:40 WIB
gayus tambunan
Jika Terbukti Berkeliaran, Gayus Terancam Diisolasi
Gayus saat menjalani persidangan tahun 2012---MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Wayan Dusak, berjanji akan menjatuhkan sanksi pada terpidana kasus penggelapan pajak, Gayus Tambunan, jika terbukti berkeliaran tak sesuai kepentingan. Tak cuma Gayus, aparat yang melakukan pengawalan pun terancam dijatuhi sanksi jika terbukti melakukan pembiaran.

"Iya (pengawalan) dari lapas dan dari polisi. Kalau enggak dikawal, itu namanya liar. Pasti disanksi kalau terbukti," kata Wayan Dusak saat dikonfirmasi, Senin (21/9/2015).

Menurut Wayan, Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat mengakui Gayus memang keluar pada 9 September lalu untuk menghadiri sidang perceraian dengan istrinya. Namun, Gayus bisa disanksi jika terbukti menyalahgunakan kepercayaan lapas untuk meninggalkan ruang tahanan.

Sanksi yang akan diberikan kepada Gayus tak main-main. Gayus bisa dijebloskan ke ruang isolasi atas tindakannya berkeliaran selama masa tahanan.

"Kalau memang terbukti kita isolasi. Itu namanya menyalahgunakan kepercayaan yang kita berikan," kata Wayan.

Selain menjebloskan Gayus ke ruang isolasi, Wayan juga mengusulkan ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly memasukan Gayus ke dalam register F. Register itu membuat Gayus tidak mendapatkan remisi untuk tahun depan sebagai ganjaran atas pelanggaran aturan yang dilakukan.


(TII)