Kelebihan Sinar Matahari Sebabkan Penuaan Dini

   •    Senin, 21 Sep 2015 16:35 WIB
kesehatankecantikan
Kelebihan Sinar Matahari Sebabkan Penuaan Dini
Sinar matahari bisa sebabkan penuaan dini. (Foto:agein.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berada pada iklim tropis, Indonesia kerap dilanda kemarau panjang. Meskipun sinar matahari sumber yang baik untuk vitamin D, namun menurut konsultan kesehatan dr. Daniel Witanto, kelebihan paparan matahari juga dapat menyebabkan penuaan dini.

"Kulit yang terkena sinar ultra violet (UV) terus menerus dapat merubah susunan-susunan pada kulit. Sehingga menua lebih awal," ujarnya.

Terutama sinar UVA, lanjut dr. Daniel, yang dapat menembus bagian kulit terdalam sehingga dapat merusak serabut kolagen dan elastin dalam tubuh. Padahal, kolagen dan elastin berperan seperti pengikat benang agar kulit tetap kencang.

"Kalau itu rusak, tentu saja kulit akan nampak lebih kendor dan berkerut (keriput)," tambahnya.

Penuaan dini yang disebabkan sinar matahari, menurutnya ditandai dengan munculnya bercak-bercak gelap pada kulit (flek hitam), muncul kerutan di sekitar mata dan dahi, kulit belang serta kekenyalan kulit akan berkurang.

Penuaan setiap orang sebetulnya alami. Namun, dr. Daniel membedakan penuaan dini karena sinar matahari dapat dilihat dari daerah yang terkena paparan UV dan area yang lebih tertutup. 

"Paling mudah melihat perbedaannya yakni di wajah dan punggung tangan yang sering terkena sinar matahari dengan bagian tubuh yang tertutup pakaian," ungkapnya. 

Kalau ada perbedaan yang mencolok, dr. Daniel mengimbau untuk sebisa mungkin menghindari keluar saat matahari sedang terik-teriknya dan usahakan selalu pakai pelindung seperti masker, baju lengan panjang atau pun sarung tangan bila naik motor.

"Sebenarnya apa yang terjadi di luar, cerminkan yang terjadi pada tubuh. Itu juga mengapa perlu menguatkan dari dalam dengan asupan antioksidan yang cukup. Sehingga penuaan dini dapat di atasi dengan mudah," tutupnya. (Sumarni)


(LOV)