Tingkatkan Ekonomi, Pemerintah Harus Dorong Konsumsi Masyarakat

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 21 Sep 2015 17:49 WIB
ekonomi indonesia
Tingkatkan Ekonomi, Pemerintah Harus Dorong Konsumsi Masyarakat
lustrasi. MI/ADAM DWI

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah harus  mendorong konsumsi masyarakat guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi domestik yang saat ini sedang lesu. Hal itu dikarena konsumsi masyarakat dan investasi saat ini menurun.

"Kondisi ini tidak mudah bagi kita, otomatis kita harus sangat jeli, apa yang bisa menjadi penggerakan pertumbuhan ekonomi saat ini.‎ Agar ekonomi kita tumbuh," ucap Kepala Ekonom Bank Mandiri Destri Damayanti, 
ketika ditemui dalam seminar "Macroeconomic Outlook 2015" di Plaza Mandiri Jakarta, Senin (21/9/2015).

Agar terpenuhinya meningkatkan konsumsi masyarakat, dia menyebutkan, pemerintah tidak perlu banyak menjalankan kebijakan‎, karena sangat sulit investor akan masuk ke negeri ini.

Satu kebijakan yang sudah diambil pemerintah, seperti menurunkan suku bunga KUR menjadi 12 persen, dari posisi sebelumnya 23 perseb. Menurut dia, kebijakan itu akan mendorong daya beli masyarakat.‎ Tapi, kenyataannya daya beli masyarakat tidak terlihat.

"Paling penting, kepercayaan masyarakat muncul. Kami sarankan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikn agar konsumsi terdorong," jelas Destry.

Di tempat yang sama‎, Senior Ekonom Bank Mandiri Aldi Taloputra menambahkan, perlambatan ekonomi global, khususnya efek dari Amerika Serikat (AS) atau Tiongkok memberikan efek yang jelas bagi ekonomi dalam negeri.

"Bayangkan saja, isu The Fed yang mengganggu nilai tukar Rupiah terhadap USD, selain itu arah ekonomi Tiongkok belum jelas, hal itu mengganggu ekonomi Indonesia," tutup‎ Aldi.


(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA