BMKG Anggap Hujan Lebat di Bandung Fenomena Biasa

Roni Kurniawan    •    Senin, 21 Sep 2015 21:04 WIB
hujan
BMKG Anggap Hujan Lebat di Bandung Fenomena Biasa
Pohon tumbang di Jalan RE Martadinata, Kota Bandung. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Setelah beberapa bulan dilanda kemarau, Kota Bandung diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menilai hujan yang terjadi itu masih merupakan fenomena yang biasa di masa akhir peralihan musim kemarau.

"Ini fenomena biasa. Akhir musim memang ada intensitas hujan besar dan sedang," kata Iid, prakirawan BMKG Bandung, saat dihubungi, Senin (21/9/2015).

Menurut Iid, hujan yang terjadi di wilayah Kota Bandung saat ini masih belum merata. Sesuai dengan prakiraan, hujan diprediksikan akan mempunyai rentan waktu atau berselang setiap harinya. "Hujan juga tidak akan continue, masih sebentar-sebentar dan belum merata," lanjutnya.

Diakuinya, meskipun hujan deras sudah mulai mengguyur Kota Kembang, saat ini belum memasuki musim penghujan. Ia pun memprediksi musim hujan akan terjadi pada November karena hujan yang terjadi masih di bawah 10 milimeter.

"Kita memiliki perhitungan musim hujan terjadi bila curah hujan di atas 50 milimeter. Sekarang masih di bawah 10 milimeter. Jadi, prediksi kami musim hujan akan tiba November," katanya.


(UWA)