Bagir Manan: Narasumber Bisa Tanya Kompetensi Wartawan

Muhammad Khoirur Rosyid    •    Senin, 21 Sep 2015 22:23 WIB
jurnalistik
Bagir Manan: Narasumber Bisa Tanya Kompetensi Wartawan
Dewan Pers

Metrotvnews.com, Surabaya: Memasuki abad demokrasi, pers berada di tengah masyarakat dengan bebas. Meski secara undang-undang tidak bertentangan, Ketua Dewan Pers Bagir Manan meminta masyarakat tetap memberikan kontrol terhadap media.

"Secara undang-undang sah. Setiap orang berhak mendirikan sebuah media. Tapi, media dan wartawannya juga perlu dikontrol," kata Bagir Manan di Seminar Nasional yang digelar PWI Gresik, Jawa Timur, Senin (21/9/2015).

Bagir menjelaskan, saat peringatan Hari Pers Nasional, disepakati seluruh wartawan harus mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) sebagai bukti profesionalisme mereka.

"Jadi, narasumber bisa bertanya kepada wartawan yang meliput. Sudah ikut uji kompetensi belum dan minta buktinya," ujar Bagir Manan.

Ditambahkan Bagir, hingga saat ini peran media sangatlah penting untuk kontrol kekuasaan. Sebab, jika tanpa kontrol khawatir penguasa justru mengesampingkan nilai-nilai keadilan bagi masyarakat.

"Yang kita kontrol itu kekuasaannya. Yang dimaksud kekuasaan itu kekuasaan yang tidak benar. Sehingga pers memiliki integritas dan profesionalitas dalam pemberitaan," ujarnya.


(UWA)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

1 hour Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA