Turki Salahkan Uni Eropa atas Konflik Mesir

- 31 Juli 2013 19:29 wib
REUTERS/Asmaa Waguih/fz
REUTERS/Asmaa Waguih/fz

Metrotvnews.com, Turki: Pemerintah Turki mengecam Uni Eropa dan semua pihak yang tidak menunjukkan ketegasan sikap atas konflik horizontal dan vertikal di Mesir. Turki menuding Uni Eropa telah melakukan pembiaran terjadinya pembantaian puluhan anngota Ikhwanul Muslimin, pendukung presiden terguling Muhammad Mursi.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menegaskan UE telah menerapkan standar ganda terkait konflik Mesir. Pasalnya Erdogan, yang juga sekutu terdekat Mursi, menilai UE mengecam keras penggunaan gas air mata pada aksi protes warga Turki terhadap pemerintahannya, namun tidak mengecam tindakan serupa yang berujung penembakan mati pendukung Mursi oleh militer.

"Apa yang terjadi dengan Uni Eropa (dan) nilai-nilai Eropa, di mana orang-orang yang berkeliling memberikan pelajaran demokrasi? Di mana PBB? Mana mereka yang menciptakan kehebohan ketika polisi Turki, dengan cara yang sepenuhnya dibenarkan dan sah, menembakkan gas air mata dan semprotan merica dan sekarang ada kudeta dan pembantaian di Mesir?" tanyanya di para kelompok pelaku bisnis di Istanbul.

Pernyataan Erdogan dikeluarkan sebelum Menteri Luar Negeri AS John Kerry mendesak pemerintah Mesir menghormati hak protes damai di negara itu. Turki adalah satu-satunya negara yang paling marah atas kudeta militer terhadap Mursi. Hingga saat ini, PM Erdogan menolak mengakui pemerintahan sementara Mesir yang dipimpin Presiden Adly Mansour.

"Di Mesir, demokrasi dibantai, aspirasi nasional dibantai, dan sekarang bangsa (Mesir) sedang dibantai," ujarnya, mengkritik UE dan tindakan militer Mesir.

Sumber-sumber diplomatik menyatakan Turki telah memutuskan akan menarik duta besarnya ke Kairo atau memutuskan hubungan diplomatik dengan Mesir karena penggulingan Mursi. Sementara Kementerian Luar Negeri Mesir menuduh Turki telah bertindak mencampuri urusan internal ‘Negeri Piramida’.(Haufan Hasyim Salengke)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.