Jadi Tamu Khusus, Jokowi Menginap di Penginapan Resmi Tamu Gedung Putih

Fajar Nugraha    •    Selasa, 22 Sep 2015 09:56 WIB
indonesia-as
Jadi Tamu Khusus, Jokowi Menginap di Penginapan Resmi Tamu Gedung Putih
Menlu Retno Marsudi dan Menlu AS John Kerry (Foto: Dok. KBRI Washington)

Metrotvnews.com, Washington: Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo 26 Oktober yang akan datang, Presiden Obama direncanakan akan menyambut Presiden RI di Oval Office. Sebagai tamu khusus Pemerintah AS, Blair House disiapkan sebagai tempat istirahat Presiden Jokowi selama kunjungan di Washington DC.

Pertemuan di Oval Office antara kedua Kepala Negara dilakukan terakhir pada sepuluh tahun yang lalu pada 2005.

"Pertemuan di Oval Office dan tinggalnya Presiden Jokowi di Blair House memberikan simbol kedekatan hubungan kedua Negara," tutur Menlu Retno Marsudi, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (22/9/2015).

Kunjungan Presiden Joko Widodo dilakukan seiring lima tahun kemitraan Komprehensif Indonesia dan AS yang diluncurkan pada 2010.

"Saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Amerika Serikat, Kedua Kepala Negara direncanakan akan meluncurkan hubungan Indonesia dan AS yang lebih strategis," ujar Menlu RI.

Menlu Retno Marsudi yang melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu John Kerry, turut membahas berbagai isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama kedua Negara. Selain itu dibahas pula agenda ASEAN dan KTT Asia Timur serta perkembangan terakhir dalam upaya mempertahankan stabilitas dan keamanan di Laut China Selatan menjadi perhatian dalam pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Kerry menegaskan bahwa sebagai negara kunci di ASEAN, Indonesia memainkan peran penting dalam menjaga sentralitas ASEAN.

Kedua Menlu juga secara khusus membahas isu perubahan iklim utamanya terkait komitmen kedua Negara untuk menurunkan tingkat emisi melalui komitmen INDC dan upaya untuk mensukseskan Konferensi Perubahan Iklim di Paris November mendatang.
 


(FJR)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA