Hillary Clinton Tegaskan Seorang Muslim Bisa Jadi Presiden AS

Fajar Nugraha    •    Selasa, 22 Sep 2015 11:42 WIB
pemilu as
Hillary Clinton Tegaskan Seorang Muslim Bisa Jadi Presiden AS
Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Hillary Clinton menegaskan bahwa seorang Muslim bisa jadi Presiden AS.

Ucapan ini mementahkan ucapan kandidat calon presiden dari Partai Republik Ben Carson yang berpendapat seorang Muslim tidak boleh dibiarkan menjadi presiden Amerika Serikat.

(Baca: Kandidat Capres Republik: Muslim Tidak Boleh Jadi Presiden AS)

Ini merupakan kontroversi terbaru dari kumpulan kandidat capres dari Republik yang berjuang mencapai Gedung Putih.

"Apakah seorang Muslim bisa menjadi Presiden Amerika Serikat? Satu kata: Bisa. Sekarang lupakan semua," ujar Clinton, dalam akun Twitter miliknya, seperti dikutip Huffington Post, Selasa (22/9/2015).

Segera setelah Carson menyebutkan bahwa Muslim tidak diperbolehkan menjadi Presiden AS, dirinya pun dihujani kritikan. Bahkan kandidat dari Partai Republik sendiri, Ted Cruz, dan Senator Lindsey Graham menyebutkan bahwa Carson salah besar.

"Dokter bedah itu (Carson) belum siap menjadi pemimpin AS. Amerika adalah sebuah ide yang tidak dikuasai oleh agama tertentu," tegas Graham.

Sementara politikus Partai Demokrat Senator Bernie Sanders menuntut agar Carson keluar dari pencalonan sebagai kandidat presiden. Menurutnya kandidat presiden tidak dinilai dari agama atau warna kulit tetapi dari pemikirannya.

 


(FJR)